Mobil Terbang Sukses Menembus Awan

SAN FRANSISCO - Impian untuk melayang di angkasa dengan mobil akhirnya bukan sebatas khayalan. Mobil Terrafugian Transition lulus uji coba terbang di Bandara Internasional Plattsburh, San Francisco, Amerika Serikat. Orang di balik kemudi kendaraan masa depan tersebut adalah Kolonel Phil Meteer dari USAFR (United States Air Force Reserve).


''Terobosan ini telah mengubah dunia mobil pribadi. Perjalanan menjadi lebih bebas tanpa hambatan dan ditambah dengan pengalaman terbang yang unik. Penemuan ini telah ditunggu-tunggu sejak 1918,'' kata Carl Dietrich, pimpinan eksekutif Terrafugia, seperti dilansir vnunet kemarin.

Mobil terbang yang mampu menembus awan dengan kecepatan 115 mil per jam itu memiliki bentuk unik. Bagian depan layaknya mobil kebanyakan. Namun, bagian belakang berpenampilan mirip pesawat. ''Nopol'' kendaraan, yaitu N302TF, diletakkan di badan kendaraan sisi belakang, bukannya ditaruh di bumper depan dan belakang.

Kendaraan berteknologi canggih itu dilengkapi fasilitas pilot otomatis yang bisa digunakan selama 30 detik. Sayang, kapasitasnya hanya dapat mengangkut dua orang.

Soal bahan bakar, mobil terbang itu terhitung irit. Untuk terbang per jam dengan kecepatan rata-rata 115 mil, cukup menggunakan lima galon bahan bakar.

Lantaran bisa melayang di angkasa, untuk mengemudikan mobil itu pemerintah Amerika Serikat berencana mengeluarkan peraturan khusus. Yaitu, harus memiliki lisensi semi pilot. Karena itulah, bagi yang berminat memiliki mobil tersebut, departemen penerbangan bakal membuka kelas baru untuk ''penerbangan ringan''. Sumber : JPNN.

0 Komentar:

Poskan Komentar