Jumat, 19 Maret 2010

Jubah Tembus Pandang 3D Segera Terwujud

INILAH.COM, Jakarta- Peneliti Eropa selangkah lebih dekat dalam menciptakan jubah tembus pandang ala penyihir Harry Potter. Mereka membuat sebuah obyek menghilang menggunakan jubah 3 dimensi dalam laporan di jurnal Science terbitan AS.
Ilmuwan dari Karlsruhe Institute of Technology di Jerman dan Imperial College London menggunakan jubah yang dibuat menggunakan kristal fotonik dengan struktur yang menyerupai tumpukan kayu, untuk menutupi benjolan kecil pada permukaan emas, mereka menulis di jurnal Science.
"Ini semacam seperti menyembunyikan sebuah benda kecil di bawah karpet-kecuali kali ini karpet juga menghilang," kata mereka.
"Kami menempatkan obyek di bawah struktur mikroskopis, sedikit seperti karpet pemantul," kata Nicholas Stenger, salah seorang peneliti yang bekerja pada proyek tersebut.
"Ketika kami melihat ke dalam lensa dan melakukan spektroskopi, tidak peduli dari manapun sudutnya kami tidak bisa melihat obyek tersebut. Obyek tersebut menjadi tidak tampak,” kata Strenger.
Jubah tembus pandang sebelumnya sudah dikembangkan, namun hanya bekerja untuk dua dimensi.
Penelitian mengenai jubah tembus pandang dari tim Eropa ini adalah yang pertama, untuk kasus tiga dimensi.
Jubah itu terdiri dari lensa khusus yang membelokkan gelombang cahaya untuk menekan cahaya secara ringan agar tersebar dan para peneliti mencoba membuatnya untuk menghilangkan sebuah obyek.[ito]

0 Komentar:

Poskan Komentar