Fruitadens Haagarorum, Dinosaurus Mini


LOS ANGELES - Tulang fosil yang diduga milik dinosaurus terkecil di masa lalu berhasil ditemukan di wilayah Amerika Utara.

Fosil ini memberikan bukti baru bahwa tidak semua dinosaurus memiliki bodi super bongsor. Bahkan, fosil ini diidentifikasi sebagai milik dinosaurus dengan berat hanya dua pon dan tinggi 4 inci.

"Dari kepala hingga ekor, diperkirakan dinosaurus ini hanya memiliki tinggi empat kaki," ujar Direktur Institut Dinosaurus di Museum Sejarah Nasional Los Angeles County Luis Chiappe, seperti dikutip melalui Yahoo News, Rabu (21/10/2009).

Tubuhnya yang mungil membuat para analis menduga, tidak mungkin jika dinosaurus tersebut pemakan daging. Chiappe memprediksi, hewan yang hidup 150 tahun lalu tersebut adalah pemakan tumbuhan dan serangga. Meskipun tubuhnya kecil namun dinosaurus ini mampu berjalan dengan cepat.

"Ukurannya paling hanya sampai kaki dinosaurus besar," ujar Chiappe.

Tulang fosil yang terdiri dari tengkorak, tangan dan lengan ini ternyata ditemukan tiga dekade lalu di Fruita, Colorado, untuk kemudian ditempatkan secara aman di museum.

Chiappe dan tim peneliti lainnya sepakat untuk menamakannya Fruitadens haagarorum, yang sesuai dengan nama tempat ditemukannya fosil tersebut dan dipadukan dengan nama pejabat museum Natural History LA, Paul Haaga. (srn) okezone

0 Komentar:

Poskan Komentar