Twitter Masuk Google dan Microsoft

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com - Sejak popularitasnya terus menajak dan bahkan menjadi sumber informasi real time, banyak yang tertarik mempersuntingnya. Facebook yang sudah melejit lebih dulu pun tertarik membeli, termasuk kabarnya diperebutkan Microsoft dan Google.

Apa hasilnya? Tak satu pun berhasil menguasai Twitter setidaknya untuk sementara waktu ini. Paling banter adalah kabar terakhir yang menyebutkan bahwa Twitter mengizinkan Google dan Microsoft mengakses data-datanya agar bisa muncul di mesin pencarian kedua perusahaan tersebut Google Search maupun Bing.

Tentu saja ada dollar yang harus dibayar Microsoft dan Google untuk mendapatkan itu. Meski keduanya enggan membeberkan berapa banyak yang harus mereka keluarkan untuk bisa mengakses jutaan status pengguna Twitter setiap hari yang sekarang telah berkembang menjadi sumber informasi. Data-data tersebut saat ini telah menjadi aset paling berharga Twitter dan bakal menjadi sumber uang pertamanya sejak layanan mikroblogging tersebut dirilis tahun 2006.

"Ini salah satu sumber pendapatan, namun kami belum tahu berapa banyak bisa mendapatkannya," ujar Chief Executive Twitter Evan Williams seperti dirilis AP, Rabu (21/10). Sebelumnya, Twitter sendiri telah menambahkan menu pencarian agar informasi tersebut tidak hanya dapat diakses selain pengguna Twitter saja.

Begitu kesepakatan diteken, Microsoft langsung menguji mesin pencariannya Bing untuk menampilkan status-status Twitter. Namun, layanan tersebut belum dirilis ke publik sejauh ini. Sementara Google sejauh ini belum terlihat melakukan langkah apapun untuk mengeksekusi data-data Twitter.

"Google masih belum mengindeks dan menampilkan semua tweet, meskipun pasti akan dilakukan secepatnya," ujar Marissa Mayer, eksekutif Google yang menangani layanan pencarian. Ia yakin kerja sama ini sangat penting karena mesin pencarian Google tidak akan berguna tanpa status-status tersebut jika suatu saat pengguna internet haus informasi sangat update tentang kejadian tertentu.

WAH

0 Komentar:

Poskan Komentar