Ditemukan, Dinosaurus Benar-benar Baru

INILAH.COM, Jakarta- Para peneliti menemukan kerangka fosil yang diperkirakan menjadi rantai penghubung dengan dinosaurus pemakan tanaman paling awal Sauropoda.

Temuan ini ini bisa membantu untuk menjembatani kesenjangan evolusi antara nenek moyang dinosaurus raksasa yang berkaki dua dan berkaki empat, seperti Diplodocus.

Kerangka yang lengkap menunjukkan bahwa makhluk itu berdiri dengan dua kaki tapi kadang-kadang berjalan dengan empat kaki. Tim tersebut melaporkan penemuannya dalam jurnal Royal Society Proceedings B.

"Apa yang kita miliki adalah dinosaurus besar, berkaki pendek, dada bidang, berleher panjang, berkepala kecil," jelas Adam Yates, ilmuwan dari University of Witwatersrand, Johannesburg yang memimpin penelitian.

Kerangka tersebut ditemukan di sebuah situs di distrik Senekal, Afrika Selatan. Dr Andrea menjelaskan bahwa bentuk kaki dan rahang, serta ukurannya, memberikan makna yang lebih jauh.

Aardonyx celestae merupakan dinosaurus yang berat dan bergerak lambat. "Banyak fitur yang sama kita lihat di Sauropoda," kata Dr Andrea.

"Pendek, kaki lebar dan besar, usus yang luas, sehingga dengan jelas terlihat sebagai pemakan tumbuhan yang rakus."

"Tulang kakinya sangat kuat dan solid, sehingga beratnya tertumpu di bagian dalam kaki. Saat itu ia masih berkaki dua, tapi akan berevolusi jadi merangkak."[ito]

0 Komentar:

Poskan Komentar