Jepang Temukan Ikan Purba Indonesia

INILAH.COM, Jakarta- Masih ingat dengan ikan purba yang ditemukan di perairan Sulawesi beberapa waktu lalu? Kali ini peneliti kelautan Jepang, berhasil menemukan dan mendokumentasikannya sebagai film, sebuah Coelacanth yang masih kecil.

Ikan yang ditemukan pada 6 Oktober lalu di kedalaman 161 meter di semenajung Manado, Sulawesi utara itu merupakan Coelacanth pertama yang ditemukan Indoesia, menurut para peneliti.

Cuplikan video yang menunjukan ikan coelacanth sepanjang 31,5 centimeter dan berwarna biru bertutul putih, berenang perlahan di antara bebatuan palung laut selama 20 menit.

“Sejauh yang kami ketahui, ini merupakan video pertama yang ditampilkan dari seekor Coelacanth muda yang hidup dan menyimpan banyak sekali misteri,”Ujar Masamitsu Iwata, seorang peneliti di Aquamarine Fukushima, Iwaki.

Ilmuwan berharap penemuan tersebut akan menjadi titik terang bagi habitat dan kelangsungan hidup Coelacanth.

Para peneliti menggunakan sebuah benda yang digerakan dengan remote untuk memfilmkan Coelacanth yang baru lahir, Iwata mengatakan.

Ikan yang sama ditemukan berada di dalam perut induk Coelacanth, dan para peneliti percaya jika telur menetas di dalam perut.

Coelacanth sebelumnya dianggap sudah punah sebelum akhirnya ditemukan pada tahun 1938 di lepas pantai Afrika Selatan.[ito]

0 Komentar:

Poskan Komentar