Google Wave Perbaharui Cara Berkirim E-mail

SAN FRANCISCO - Google menelurkan 'spesies' baru dalam kategori e-mail dan instant messaging. Namun untuk itu, raksasa internet tersebut terlebih dahulu menginginkan layanan hybrid untuk mengembangkan teknologi yang lebih canggih lagi dengan bantuan programmer komputer independen.
Perangkat independen yang dinamakan Google Wave ini menjalankan web browser dan menggabungkan elemen e-mail, instant messaging, wikis, dan photo sharing untuk membuat komunikasi online lebih dinamis. Pengguna bisa bertukar cerita dan saling berkirim foto secara real time.
Google berharap, Wave dapat menyederhanakan cara orang terlibat dalam
komunikasi proyek atau bertukar opini mengenai topik tertentu, demikian keterangan yang dikutip dari Yahoo Tech News, Jumat (29/5/2009).
Pernyataan ini diumumkan Google pada konferensi tahunan pengembang peranti lunak di California kemarin. Karena masih dalam tahap pengembangan publik web-surfing belum bisa melihat penampilan sempurna Google Wave yang beralamat di http://wave.google.com hingga akhir tahun ini. Namun Google menyediakan preview bagi pengakses yang tertarik untuk melihatnya.
Pada saat akses Wave dibuka untuk setiap orang, Google berharap programmer independen akan menemukan cara baru dalam menggunakan layanan tersebut.
Wave dirancang agar pengguna dapat lebih mudah mengobrol melalui tulisan e-mail. Wave menyediakan perangkat yang menandai bagian tertentu dari percakapan tertulis.
Dalam instant message, partisipan dapat melihat apa yang orang lain tulis ketika mereka mengetik, kecuali jika mereka memilih fitur kontrol privasi. Foto dan aplikasi online lain yang dikenal dengan nama widgets juga bisa disuntikkan ke dalam layanan ini.
Sumber : Okezone.com.

0 Komentar:

Poskan Komentar