Situs Mesin Pencari Google Diperbarui

CALIFORNIA - Pesaing biasanya bisa menjadi pemicu untuk menghadirkan sesuatu yang baru. Kondisi ini berlaku bagi situs mesin pencari Google. Belum lama ini dikabarkan Google akan segera mendapat pesaing berat dengan kehadiran kehadiran, Wolfram Alpha, pada 18 Mei nanti. Ini membuat Google segara memperbarui situs pencariannya.
Google seolah tak mau kalah. Mereka mengumumkan fitur terbarunya, Google Squared yang akan diluncurkan akhir Mei. ''Google Squared kan lebih akurat dalam menampilkan hasil-hasil pencarian yang diinginkan sesuai kategori seperti video, atau review produk. Kami ingin membantu pengguna dalam mencari informasi yang berguna,'' kata Vice President Google, Marrisa Mayer, seperti dilansir kantor berita AFP.
Sebelumnya, kehadiran Wolfram Alpha dinilai sebagian pengamat akan menggerus dominasi Google di segmen mesin pencari. Apalagi, Wolfram Alpha dikembangkan oleh Stephen Wolfram, seorang pendiri perusahaan software Wolfram Research yang menawarkan paradigma baru dalam berselancar di internet.
Situs mesin pencari terbaru Wolfram akan menggunakan hitung-hitungan matematika yang mampu menjawab pertanyaan pengguna dengan cepat dan akurat dari miliaran halaman web. Link-link yang dihadirkan Wolfram diklaim akan jauh lebih presisi ketimbang Google.
Sebaliknya, dengan melakukan pembaruan, pilihan pencarian terbaru milik Google juga dijamin akan lebih canggih dan memungkinkan pengguna internet untuk memilah-pilah hasil pencarian informasi berdasarkan waktu, mulai dari informasi yang terbaru, 24 jam lalu, pekan lalu, atau bahkan tahun lalu. Google akan menampilkan informasi waktu di setiap hasil pencarian yang dapat.
Sementara itu, sejumlah blog mengungkapkan Google Squared tak hanya akan menemukan halaman web tentang topic yang dicari, tapi juga mengumpulkan dan mengambil informasi hingga yang terkecil yang terdapat di internet.
Matt Cuts, yang juga ikut dalam pengembangan Google Squared mencontohkan, jika pengguna mencari topik, misalnya 'anjing kecil, maka dalam bentuk tabel akan muncul sederet daftar informasi mengenai anjing termasuk berat tubuh dan panjang anjing-anjing itu. ''Google Squared diharapkan mampu melengkapi fitur pencarian yang telah ada seperti gambar, peta, buku,'' jelasnya.

0 Komentar:

Poskan Komentar