Jerman Pamerkan Komputer Super


BERLIN - Perkembangan teknologi yang kian pesat memacu para ahli teknologi dan ilmuwan untuk terus berinovasi menciptakan perangkat paling mutakhir.
Salah satu perangkat mutakhir itu adalah komputer super dengan kekuatan setara dengan 50.000 PC rumah. Komputer ini diklaim merupakan komputer dengan kinerja tercepat di Eropa dan menduduki peringkat ketiga tercanggih dan tercepat di dunia.
AFP, Rabu (27/5/2009) melansir, komputer super yang diberi nama Jugene ini baru saja diluncurkan di Jerman dan menjadi kebanggaan masyarakat negeri itu.
"Jugene mampu melakukan 1.000.000.000.000.000 tugas hitungan per detik. Jauh mengalahkan komputer hitung Roadrunner dan Jaguar milik Amerika," kata Kosta Schinarakis dari Juelich Research Centre, tempat komputer tersebut dibuat.
Jugene akan digunakan untuk berbagai variasi pengoperasian, termasuk untuk kepentingan riset sel bahan bakar bagi mobil elektrik, ramalan cuaca dan mengulik lebih dalam tentang asal usul bumi.
Jugene bukan mesin sembarangan. Perangkat canggih ini memerlukan 295.000 prosesor yang ditempatkan pada 72 loker pada mesin itu. Source : Okezone.com.

0 Komentar:

Poskan Komentar