Rokok, Alkohol dan Soft drink dapat mempercepat tulang keropos

Merokok mempercepat tulang keropos. Menurut penelitian, osteoporosis lebih banyak terjadi pada mereka yang merokok. Sedangkan alkohol, meningkatkan pengeluaran kalsium pada air seni (kencing). Akibatnya, kadar kalsium dalam tubuh menurun dan pembentukkan tulang akan terganggu.
Perokok dan peminum alkohol biasanya sering lupa makan. Itu terjadi karena alkohol maupun tembakau menimbulkan rasa kenyang. Akibatnya, asupan kalsium berkurang. Soft drink?, menurut penelitian. minuman ringan juga mengandung asam fosforik yang bisa mengganggu kemampuan usus menyerap kalsium.
Makanan yang sehat mengandung kalsium dan mineral seperti fosfat, fosfor dan vitamin D. Kalsium yang berlebihan tanpa fosfat, tidak dapat membentuk tulang yang baik dan terbuang percuma. Bila fosfat berlebihan sedangkan kalsium yang kadarnya kurang, kekurangannya akan diambil dari tulang.
Paparan sinar matahari pagi 10-15 menit, cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Kurangnya paparan sinar matahari juga dapat memperbesar kemungkinan tulang keropos.

0 Komentar:

Poskan Komentar