Kembangkan Sendiri Browser Anda ala Mozilla


Mozilla tengah mempersiapkan sebuah program yang memungkinkan perusahaan mengembangkan browser yang dapat diubah sesuai keinginan pada versi Firefox mendatang. Versi terbaru itu akan keluar beberapa minggu lagi.
Program Kembangkan Browser Anda Sendiri adalah cara penyesuaian pas bagi perusahaan yang ingin menciptakan browser sesuai kebutuhan dan keinginan agar mudah diinstal di berbagai komputer multi korporat, demikian ujar direktur Firefox di Mozilla Corp, Mike Beltzner.
Melalui program itu, para perusahaan dapat menggunakan aplikasi berbasis web yang dirilis Mozilla untuk memastikan modifikasi bagi browser, antara lain, bookmarks untuk situs-situs tertentu, atau intranet dan portal perusahaan. Program itu akan diluncurkan segera setelah Firefox 3.5 dirilis untuk publik.
Perusahaan, menurut Mike, juga dapat memberi merek browser melalui teknologi bernama Personas. Teknologi itu membuat pengguna dapat mengganti kode 'skin' di atas browser dengan logo perusahaan di dalamnya,
Begitu brwoser yang diinginkan dikembangkan, aplikasi akan mengirimkan kepada perusahaan dan memberi program penginstalan yang memungkinkan menginstal browser tersebut ke seluruh komputer di dalam perusahaan.
Sejauh ini mayoritas perusahaan masih menggunakan Internet Explorer dalam pemilihan browser perusahaan. Hal itu terjadi karena IE langsung tersedia dalam bundel instalasi Microsoft sehingga memudahkan perusahaan untuk mengontrol penginstalan dan seting browser di desktop-desktop perusahaan, demikian menurut analis Forrester, lembaga riset pasar dan teknologi independen internasional, Sheri McLeish
Mozilla sendiri tidak memiliki sejarah dalam hal itu. Namun, lanjut Sheri, program seperti Kembangkan Sendiri Browser Anda, adalah awalan bagus untuk mendorong perusahaan memilih Firefox ketimbang IE,
"Jika Mozila membuka peluang modifikasi kepada developer dan profesional IT, tak hanya dalam merek, tapi kontrol lebih besar memanajemen dan mengadministrasi browser Firefox, maka perusahaan pasti akan menoleh dan menjadikannya pilihan default browser," ujar Sheri.
"Hingga kini, Mozilla sebenarnya telah menawarkan 'piranti penyesuaian mendalam' untuk Firefox," ujar Mike "Namun mereka tidak kentara bagi pengguna awam, dan tidak pernah ada cara bagus untuk sesorang mengembangkan versi kesukaan pada browser," imbuhnya.
Mozilla memang tidak mengeluarkan software serupa paket instalasi Microsoft dengan IE, namun mesin browser tersebut mampu diraih semua kalangan karena gratis dan mudah dikembangkan.
Sejauh ini ada 300 juta pengguna Firefox di penjuru dunia, dan Firefox 3.5 akan tersedia dalam 70 bahasa lebih, demikian menurut keterangan pihak Mozilla. Versi beta browser tersebut pun kini telah tersedia dan dapat diunduh di internet./itworld/itz.
Sumber : Republika.

0 Komentar:

Poskan Komentar