Safari 4 Dukung Gaya Tampilan Windows

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com - Salah satu fitur baru yang ada di browser Safari 4 buatan Apple cukup unik. Pasalnya fitur ini spesial khusus dibuat untuk sistem operasi Windows. Namanya saja Windows Native Look and Feel. Fitur ini hanya bekerja pada Safari 4 versi Windows jika diinstall pada Windows Vista atau Windows XP.

Tampilannya akan menyatu dengan sistem operasi buatan Microsoft itu. Secara tampilan, Safari 4 jadi seolah-olah seperti aplikasi Windows lainnya dengan adanya title bar, borders, dan toolbars. bahkan sampai-sampai font-nya pun khas bawaan standar Windows.

Namun, pengguna dapat tetap memilih font khas Safari. Fitur tersebut adalah hanya salah satu di antara beberapa fitur baru dari total 150 fitur Safari 4 yang dirilis dalam World Wide Developers Conference (WWDC) 2009 di San Fransisco, Senin (8/6). Hal tersebut mungkin cara Apple untuk meraih simpati pengguna Windows untuk memperluas pangsa pasarnya.

Berdasarkan data survei Forrester yang dirilis April, perang browser saat ini masih menempatkan Internet Explorer 8 di posisi puncak dengan pangsa pasar 78,8 persen. Mozilla menyusul dengan pangsa pasar 18,2 persen dan Google Chrome 2 persen. Apple Safari baru menembus 1,4 persen pangsa pasar diikuti Opera 0,2 persen. Akankah Safari 4 menyusul pesaing terdekatnya sampai IE8?

Sumber : Kompas.com.

0 Komentar:

Poskan Komentar