Pesawat Terbang Berenergi Matahari


LONDON - Petualang asal Swiss Bertrand Picard memamerkan prototipe pesawat bertenaga matahari yang akan menemaninya terbang keliling dunia.

Pesawat bertenaga matahari ini memiliki panjang 61 meter dan berat 1.500 kilogram. Rencananya, dalam waktu dekat Picard akan mengadakan uji coba penerbangan pesawat di malam hari.

Sebelumnya pada 2009, Picard sebelumnya pernah membuat sejarah perjalanan berkeliling bumi tanpa henti dengan menggunakan balon udara. Kini dia ingin menunjukkan potensi energi terbarukan melalui hasil karya pesawat berenergi matahari. Demikian keterangan yang dikutip dari BBC, Jumat (26/6/2009).

"Saya ingin berkeliling dunia dengan pesawat energi matahari ini. Saya menyukai visi dimana kita harus menentukan tujuan dan mencoba mencari cara untuk meraihnya. Ini merupakan tantangan yang mengasyikkan," kata Picard.

Dengan optimis, Picard mengatakan akan mengadakan perjalanan ke Atlantik pada 2012 dengan menggunakan pesawat buatannya ini. Perjalanan ini kemungkinan besar akan penuh dengan risko. Pasalnya, pesawat buatan Picard mengandalkan energi matahari sebagai bahan bakarnya. Namun tim Solar Impulse yang membantu merancang misi penerbangan telah menemukan solusi untuk hal ini.

Pesawat dirancang khusus dengan memanfaatkan energi matahari yang efisien. Terdapat juga baterai yang menyimpan cadangan energi matahari sehingga pesawat tetap mendapatkan suplai energi dalam keadaan gelap atau pada malam hari.
Sumber : Okezone.com.

0 Komentar:

Poskan Komentar