Mimisan (epistaksis) parah, segeralah ke UGD !!!

Ada banyak cara untuk mengatasi mimisan yang kerap datang. Resiko mimisan bisa dikurangi dengan selalu menjaga kelembaban dalam rumah. Anda dapat memakai alat pelembab bila kurang. Demikian juga dengan hidung. Agar kelembaban tetap terjaga, jangan lupa selalu meneteskan cairan atau jeli khusus untuk hidung.
Saat mimisan datang, cobalah menahan nafas sambil menutup hidung dengan ibu jari dan jari telunjuk. Bernafaslah teratur lewat mulut. Biarkan seperti itu selama lima hingga sepuluh menit.
Bila berbaring, usahakanlah posisi kepala lebih tinggi dibanding jantung selama beberapa jam. Hindari mengupil atau menghembuskan kotoran hidung agar mimisan tidak datang lagi.
Jika mimisan datang lagi, hirup udara kuat-kuat. Hal ini bermanfaat membersihkan hidung dari gumpalan darah. Kalau anda termasuk sering mimisan, konsultasikan dengan dokter agar mendapat obat atau mendapatkan penjelasan akan penyebabnya.
Segeralah ke UGD terdekat bila mimisan tergolong parah. Tandanya, aliran darah tidak berhenti melebihi 15 sampai 30 menit, kondisi tubuh akan lemah hingga pingsan dan darah mulai masuk ke saluran tenggorokan.

0 Komentar:

Poskan Komentar