Para peretas (cracker) tidak pernah mengenal kata lelah dalam menebar kekacauan di dunia maya. Kali ini, mereka mencoba mengecoh penggemar Harry Potter.

Peretas menanam link dalam beberapa situs blog yang berisi tawaran menggiurkan untuk menonton full version dari film Harry Potter and the Half-Blood Prince secara gratis. Setelah meng-klik link tersebut, calon korban akan diminta untuk memasang aplikasi streamviewer agar bisa menonton film yang diangkat dari buku ke-enam serial Harry Potter tersebut.

Seperti mantra jahat, aplikasi yang ternyata adalah malware tersebut akan mencuri data pribadi si korban, seperti password hingga nomer rekening. Setelah menguras data rahasia korban, para peretas yang merupakan bagian dari sebuah tim yang terorganisir kemudian akan menjualnya lewat internet.

Menurut Michael Greene, VP Product Strategy PC Tool, para peretas memanfaatkan demam yang melanda masyarakat menjelang rilis film Harry Potter. Ia menambahkan, siapa sih yang tidak tergoda dengan tawaran menonton film favorit mereka, secara gratis pula.

Greene mengaku khawatir dengan semakin beragamnya modus operandi yang dilancarkan peretas akhir-akhir ini. Ini berakibat kepada sulitnya memberantas efek dari serangan tersebut, mengingat peretas menulis malware setiap hari agar tidak terdeteksi oleh program anti-virus.(g2g/yon/foto:digg)

0 Komentar:

Poskan Komentar