Prosesor Multi Core
Sandy Bridge, Arsitektur 32 Nano Intel

VIVAnews - Intel sedang menyiapkan arsitektur terbaru yang akan hadir di kuartal pertama tahun 2011. Arsitektur tersebut diberi nama Sandy Bridge, yang berupa prosesor quad core lengkap dengan chip grafis sekaligus.

Dari informasi yang beredar prototipe chip dengan stepping A0 sudah mencapai fase terakhir dari pengembangan produk pada minggu ke 23 tahun ini atau sekitar bulan Juni lalu, sedangkan dalam bentuk fisik prosesornya sendiri, chip tersebut akan muncul di tahun 2011 mendatang.

Prosesor quad core dengan arsitektur Sandy Bridge ini diperkirakan akan menggunakan silicon biasa dengan L2 cache sebesar 256KB. Adapun kecepatan core prosesor diperkirakan berada di frekuensi antara 2,8 sampai 3,4GHz. Meski begitu, dalam modus Turbo kemungkinan salah satu core bisa berjalan di 3,8 sampai 4GHz.

Lebih lanjut, prosesor Sandy Bridge yang dibuat dalam proses teknologi 32 nanometer akan dipasarkan dengan core grafis terintegrasi dengan kecepatan antara 1 sampai 1,4GHz yang akan terhubung dengan prosesor lewat L3 cache. Integrated Graphics Processor tersebut dikabarkan akan berbasis GMA dan Larrabee.

Pada core prosesor tertanam pula kontroler memori dual channel DDR3-1600 serta Sandy Bridge System Agent (sebelumnya biasa disebut dengan northbridge), yang menyediakan dukungan PCIe 2.0, Direct Media Interface (DMI), dan Power Control Unit (PCU), sebuah fungsi yang khusus membuat prosesor bekerja lebih efisien serta 8MB L3 cache yang digunakan bersama oleh seluruh core prosesor.

Dari sisi konsumsi daya, Sandy Bridge dikabarkan hanya mengonsumsi daya rata-rata 85 watt saja untuk prosesor yang memiliki ukuran die 225 milimeter persegi.


0 Komentar:

Poskan Komentar