Mengucek Mata Sebabkan Kebutaan


SYDNEY - Studi terbaru yang diadakan di Australia mengungkapkan beberapa kebiasaan yang menyebabkan gangguan kesehatan. Salah satunya adalah kebiasaan mengucek mata yang bisa mengakibatkan mata terkena penyakit glaukoma atau kebutaan.

Mata adalah bagian yang sensitif. Menurut profesor Charles McMonnies dari University of New South Wales Shool of Optometry and Vision Science, bahkan gosokan yang lembut sekalipun pada mata bisa meningkatkan tekanan yang memicu terjadinya glaucoma atau penyakit kebutaan.

Studi lain juga menyebutkan, pemakaian kaca mata renang, tidur menelungkup atau melakukan olahraga di gym bisa memicu glaucoma dan penyakit mata yang berkaitan dengan tekanan mata lainnya.

"Setiap sentuhan yang mengenai kelopak mata, bisa meningkatkan tekanan mata. Sentuhan ringan akan menambah sedikit tekanan tapi sentuhan yang kuat bisa memicu peningkatan tekanan 3-5 kali dari tekanan normal," kata McMonnies yang dikutip dari The Medical News, Minggu (19/7/2009).

Oleh karenanya, McMonnies menyarankan agar setiap orang hendaknya berhati-hati dalam menyeka mata ketika sedang berair, atau membersihkan riasan wajah di sekitar mata.

Pasalnya, proses ini melibatkan kontak dengan kelopak mata. Dalam kasus mengucek mata yang melibatkan kelopak dan juga bola mata, tekanan mata bisa meningkat 10 kali lipat dari normal. OKEZONE. Photo by flickr.

0 Komentar:

Poskan Komentar