Marah Bikin Darah Mengalir ke Otak


LONDON - Pernahkah Anda merasa bahwa ketika sedang marah, terasa ada sesuatu yang mendidih naik menuju kepala kita. Itu sebabnya orang marah sering digambarkan berwajah merah dengan kepala mengepulkan asap.

Rupanya penggambaran ini memang benar adanya, ahli kesehatan telah membuktikan bahwa pada saat seseorang marah, aliran darah akan naik ke kepalanya. Namun bagaimana hal itu bisa terjadi?

Hasil penelitian kesehatan telah membuktikan bahwa pada saat seseorang marah, pembulu nadi bernama carotid arteri yang menyuplai darah ke kepala dan leher akan melebar.

Meningkatnya volume aliran darah menuju otak menimbulkan apa yang disebut dengan 'head rush' atau aliran pada otak. Demikian keterangan yang dikutip dariTelegraph, Jumat (3/7/2009).

Tasneem Naqvi dan Hahn Huynh dari University of Southern California dan Cedars-Sinai Medical Centre, menguji sebanyak 58 partisipan berusia antara 19 hingga 60 tahun dan dalam keadaan sehat.

Keduanya sengaja membuat keadaan yang membuat para partisipan marah untuk mengetahui bagaimana respon otak besar terhadap tekanan mental.

Mereka lalu menggunakan perangkat pencitraan ultrasuara untuk mengukur efek terhadap pembuluh nadi di luar dan di dalam otak.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cardiovascular Ultrasound ini menunjukkan bahwa semua kasus tekanan mental akan memicu terjadinya vasodilation, dimana aliran darah akan naik menuju kepala disertai juga dengan peningkatan aliran darah ke otak. (srn) OKEZONE

0 Komentar:

Poskan Komentar