10 Tahun Lagi Ilmuwan Bisa 'Membuat' Otak Manusia

LONDON - Para ilmuwan akan bisa menciptakan otak buatan bagi manusia dalam sepuluh tahun mendatang. Otak buatan ini nantinya akan sangat membantu dalam mendiagnosa dan mengobati pasien penderita gangguan otak.

Hal ini diungkapkan Professor Henry Markram pada konferensi ilmiah TED di Oxford University. Markram mengatakan, optimisme ini datang mengingat dia dan timnya telah berhasil melakukan percobaan pada tikus dengan menggandakan elemen penting dari otak hewan pengerat tersebut.

"Kesuksesan menggandakan elemen otak tikus menimbulkan keyakinan bahwa bukan tidak mungkin dalam 10 tahun mendatang kita pun akan bisa menciptakan otak buatan bagi manusia," kata Markram, seperti dikutip dariTelegraph, Jumat (24/7/2009).

Prof Markram yang tergabung dalam proyek penelitian ini mengatakan, simulasi otak kini tidak cukup canggih untuk menemukan metode terapi yang tepat bagi para penderita penyakit otak dan kejiwaan.

"Ada sekira dua miliar orang di planet ini yang mengidap penyakit kelainan mental. Teknologi baru ini akan memberikan pandangan baru untuk menemukan metode terapi penyakit otak yang sangat tepat," lanjut Markram.

Menurut penjelasan Markram, teknologi ini membutuhkan satu perangkat komputer yang memproses data dari syaraf tunggal. Artinya, diperlukan puluhan ribu mesin untuk mulai melakukan pemetaan fungsi otak manusia yang sangat rumit.

Oleh karenanya, para ilmuwan yang tergabung dalam proyek ini menggunakan "komputer super", yaitu sebuah mesin yang mampu menampung jutaan algoritma dan data sekaligus untuk mengefektifkan proses ini. (srn).OKEZONE.

0 Komentar:

Poskan Komentar