Kapak Batu Kuno Ditemukan di Kebun Kopi Sumsel

PAGARALAM - Artefak sejarah purba berupa batu berbentuk kapak muncul dari dalam tanah di Dusun Muaratenang, Kelurahan Prahudipo, Pagaralam, Sumatra Selatan. Kapak kuno, yang diperkirakan berumur ribuan tahun, itu ditemukan seorang warga bernama Jimi (43).

Saat menggali lubang secara tidak sengaja cangkulnya membentur benda keras. Merasa penasaran, Jimi mencangkul lebih dalam. Dalam gundukan tanah yang digalinya, tampak sebuah batu lonjong yang setengah bagiannya pipih seperti bekas tertatah.

"Saya lagi menanam pohon kopi di kebun. Selagi menggali lubang, tak sengaja cangkul saya membentur benda keras. Setelah tanah itu digali lebih dalam lagi, mata cangkul saya tertumbuk batu," kata Jimi saat ditemui di rumahnya, Minggu (12/7/2009).

Jimi melanjutkan, kemudian batu tersebut dibersihkannya, lalu dibawa pulang ke rumah untuk disimpan. Kepada okezone lelaki yang sehari-hari bekerja sebagai petani kopi itu memperlihatkan benda temuannya.

Ketika diperhatikan seksama, batu itu tampak mirip benar dengan kapak yang terbuat dari besi tempa. Dimensinya, masing-masing yakni, sisi kanan 14 sentimeter, sisi kiri 20 cm, bagian bawah 10 cm, dan tebalnya 3 cm.

Disebutkan Jimi, penemuan tersebut berawal dari firasat yang didapat dalam mimpi yang dialami ibunya. Dalam mimpi, terdengar bisikan yang mengatakan ada kapak batu tertanam di kebun kopi milik mereka.

"Semula saya hendak menyingkirkan benda keras yang tertumbuk cangkul saya supaya bisa terus menggali lubang. Tapi pas diangkat, batu itu tampak aneh rupanya mirip kapak. Kemudian, saya hubungkan temuan saya dengan mimpi ibu saya kemarin. Sepertinya ada kesamaan dari ciri-cirinya," ujarnya. SOURCE.

0 Komentar:

Posting Komentar