Google Earth Bisa Tunjukkan Misil CIA?


NEW YORK - Situs peta digital Google Earth tidak hanya dapat membantu dalam menunjukan jalan saja, tetapi mampu mengetahui letak misil yang sebenarnya rahasia

Pemimpin Taliban Paksitan Baitullah Mehsud dikabarkan telah meninggal karena dihantam oleh misil milik CIA. Meskipun belum diketahui apakah Mehsud sudah tewas atau belum, Google Earth ternyata mampu menunjukan letak 'Zangarha Area', yang merupakan kawasan misil yang diluncurkan untuk menyerang rumah Mehsud tersebut.

Seperti yang dilansir Tech Crunch, Selasa (11/8/2009), seseorang bernama Stefan Geens mempublikasikan foto Zangarai Algad, di Pakistan, yang merupakan tempat rahasia peluncuran misil itu. Memang, foto yang dipublikasikan di blognya tersebut, tidak menunjukan secara detil tempat 'Zangarha Area'.

Namun yang menjadi permasalahan adalah, bagaimana saat ini Google Earth seolah menjadi satelit mata-mata yang biasa dipunyai militer. Dibandingkan dengan satelit militer, jelas lebih real-time dengan tampilan geografis yang sempurna. Tapi ini bisa menujukan kalau berkat teknologi, rahasia antara pemerintah dengan masyarakat sipil semakin tipis saja.

Kecanggihan Google Earth ini baru-baru ini terus dimanfaatkan, bahkan Untied States Holocaust Memorial Museum (Museum Peringatan Holocoust US) menggunakan Google Earth untuk mencari dokumen garfis, yang berhubungan dengan peristiwa Holocoust beberapa dekade lalu.

Memang saat ini, Google Earth tidak bisa menunjukan secara keseluruhan secara detil di seluruh dunia. Akan tetapi, bukan tidak mungkin itu dapat terwujud di masa depan. (srn) OKEZONE

0 Komentar:

Poskan Komentar