Ponsel Pintar
Wi-Fi di Telepon Seluler Jadi Fitur Wajib
2009, tren penjualan sesuai dengan perkiraan yakni mencapai 144 juta unit ponsel Wi-Fi.

VIVAnews - Dengan meningkatnya popularitas smartphone, ponsel yang mendukung Wi-Fi tampaknya akan meraih peningkatan penjualan. Pasalnya, dukungan untuk wireless LAN kini semakin menjadi fitur penting bagi ponsel kelas atas.

Awal tahun 2009, sampai tahun 2010 mendatang diperkirakan penjualan ponsel akan berlipat ganda dibanding tahun 2008. Kini, menurut analis dari ABI Research, meskipun mengalami resesi ekonomi, pola peningkatan penjualan ponsel pintar tersebut tetap akan terjadi, atau bahkan akan semakin melesat pada periode 2009 – 2011.

“Penetrasi Wi-Fi ke dalam handset telah mendapatkan momentumnya meskipun kondisi perekonomian tidak mendukung. Wi-Fi menjadi fitur wajib seperti halnya Bluetooth beberapa waktu lalu,” kata Michael Morgan, analis dari ABI Research, seperti VIVAnews kutip dari Xbitlabs, 31 Agustus 2009.

Meski begitu, Morgan menyebutkan, memiliki handset Wi-Fi saja tidak cukup. “Produsen perlu meyakinkan pengguna untuk memanfaatkan itu. Saat ini, sebagian besar penggunannya adalah untuk komunikasi data, sementara layanan voice lewat Wi-Fi atau internet (VoIP) kurang dapat meraih minat pengguna,” ucap Morgan.

Saat ini, tren penjualan sesuai dengan perkiraan yakni akan mencapai 144 juta unit ponsel Wi-Fi. Pada tahun 2011 mendatang, diprediksi angkanya akan menembus di atas 300 juta unit.

Dari sisi operator, sikap mereka terhadap Wi-Fi juga telah berubah. Awalnya, banyak operator yang mengkhawatirkan bahwa Wi-Fi akan membuat mereka kehilangan trafik dan pendapatan. Tetapi kini, operator mulai menyadari bahwa Wi-Fi meningkatkan ketersediaan kapasitas jaringan mereka.


0 Komentar:

Poskan Komentar