Samsung Ikut Main Prosesor


SAN FRANSICO-- Samsung melebarkan sayap. Bila sejauh ini, prosesor ponsel tercepat adalah cip dengan kecepatan 1 GHz seperti performa yang dimiliki prosesor Snap Dragon, perusahaan asal Korea itu pun tak mau ketinggalan. Menggandeng Intrinsity, Samsung memperkenal prosesor tercepatnya, Corteks A8.

Keberadaan prosesor keluaran Samsung bisa menjadi pertanda, prosesor yang digunakan pada ponsel semakin cepat dan murah. Tentu hal itu yang begitu ditunggu para pengguna ponsel di dunia.

Corteks A8, dual-cip, dengan nama kode"Hummingbird" tersebut memiliki desain ketebalan 45 nanmoeter (nm) dan mampu mengolah data dengan 2000DMIPS, tranfer data pada kecepatan 32 kb serta membersihkan sampah data dengan ARM Neonmulti-media extension. Tak hanya itu, Cortex-A8 terhitung irit untuk konsumsi baterainya.

Arsitektur prosesor ARM Cortex A8 saat ini dapat pula dijumpai di prosesor sejumlah piranti MID, termasuk Palm Pre dan iPhone 3GS. Memang, kecepatan 3Gs yang dijalankan oleh sistem cip Samsung S5PC100, beroperasi pada kecepatan 600MHz. Namun Hummingbird adalah salah satu prosesor tercepat yang ada di pasaran saat ini--dan sepertinya bakal menjadi penantang tertangguh prosesor Intel yang akan diluncurkan, berkode "Moorestown"

"Tidak hanya cepat, kami percaya Cortex A8 memiliki kebocoran minimal dan konsumsi baterei yang rendah untuk berbagai jenis prosesor yang berada di ponsel kelas high end," tutur CEO Intrisity, Bob Russo seperti yang dikutip dari TG Daily, Selasa (28/7).

Russo juga mengatakan, prosesor itu memadukan kemampuan menampilkan video, permainan cepat dan membuat baterai tahan lama. Tak mengherankan, sebab untuk menyatukan tiga kemampuan itu dalam Cortex-A8, dibutuhkan dua-tiga tahun dengan melibatkan 100 tenaga ahli.

Sementara, perwakilan Samsung, Jae Chaeol Son mengatakan tantangan terbesar untuk desain dan penerapan prosesor ponsel adalah kecepatan performa yang dibarengi konsumsi hemat daya. "Kolaborasi antara Samsung dan Intrinsity, memberi desain terbaik dan penerapan teknologi Industri yang sesuai dengan tujuan Hummingbird, kinerja agresif dan penggunaan daya yang irit,". (cr2/itz) REPUBLIKA

0 Komentar:

Poskan Komentar