IBM Gunakan DNA untuk Membuat Microchips

SAN FRANCSICO - Internasional Business Machines Corp (IBM) tengah mengembangkan sebuah kartu chip, yang terinspirasi dari DNA tubuh manusia.

Perusahaan penyedia perangkat keras tersebut akan menjadikan jaringan dalam tubuh manusia atau yang dikenal dengan DNA origami, untuk membuat struktur padamicrochips IBM generasi selanjutnya. Oleh IBM, microchpisini menjadikannya sebagai kartu chip tertipis dan mampu dijual dengan harga murah.

"Ini adalah demonstrasi pertama yang menggunakan molekul biologi untuk membantu proses dalam industri semikonduktor," jelas peneliti IBM Spike Narayan, seperti yang dilansir Reuters, Selasa (18/8/2009).

"Pada dasarnya, kami ingin memberitahukan kalau DNA bisa menjadi ilham dalam membuat barang elektronik. Karena di dalam jaringan DNA yang rumit, ada kemampuan yang luar biasa," tambahnya.

Akan tetapi, kita harus sabar melihat chip terkecil ini. Sebab, Narayan memprediksi paling lama 10 tahun mendatang microchip ini benar-benar selesai disempurnakan dan bisa digunakan oleh industri semikonduktor. (srn) okezone


0 Komentar:

Poskan Komentar