Makan Popcorn Bisa Mencegah Kanker


PENNSYLVANIA - Makanan ringan hasil olahan jagung yang dikenal dengan nama popcorn, rupanya menyimpan kandungan antioksidan yang setara dengan buah-buahan dan sayuran.

Artinya, kebiasaan mengkonsumsi cemilan popcorn pada saat menonton film di bioskop merupakan kebiasaan yang menyehatkan.

Studi terbaru yang dilakukan di University of Scranton, Pennsylvania menemukan fakta bahwa mengkonsumsi popcorn bisa mecegah kanker. Namun dengan catatan, popcorn yang menyehatkan adalah popcorn yang tidak diberi tambahan rasa seperti gula, keju, cokelat dan lain-lain.

Popcorn memiliki kandungan polyphenol, yaitu antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Polyphenol umumnya banyak ditemukan pada buah dan sayuran seperti, berry, kacang kenari, minyak olive, anggur dan teh.

Jenis antioksidan yang terkandung dalam bahan makanan ini terbukti bisa membantu melawan radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh. Polyphenol adalah antioksidan yang 10 kali memiliki efek yang lebih ampuh jika dibandingkan dengan manfaat vitamin C dan E.

"Kami sangat terkejut menemukan tingginya kandungan polyphenol dalam popcorn. Saya rasa, ini adalah makanan yang sehat." kata Dr Joe Vinson yang meneliti studi ini, seperti dikutip dari Independent, Senin (24/8/2009).

Menurut Vinson, ini adalah penelitian pertama pertama yang menyatakan bahwa popcorn dan beberapa jenis sereal merupakan sumber yang kaya polyphenol.

Dalam studi ini, Vinson dan timnya mengukur konsentrasi polyphenol pada sereal dan beberapa makanan ringan. Hasilnya, diketahui bahwa sereal whole grain yang paling sedikit mengalami proses pengolahan mengandung lebih banyak antioksdian. Sementara popcorn, menjadi makanan ringan dengan kadar polyphenol terbanyak.

Studi ini juga menemukan, bahwa makanan hangat yang umum dikonsumsi sebagai sarapan seperti bubur oat, rupanya mengandung kadar polyphenol rendah. (srn) OKEZONE Photo by PHOTOBUCKET

0 Komentar:

Poskan Komentar