Hacker Sempat Ganyang Facebook, Twitter dan Google


SAN FRANSISCO - Serangan cyber berhasil melumpuhkan situs-situs ternama di dunia maya. Tidak hanya mesin pencarian Google, Facebook dan Twitter pun berhasil dilumpuhkan.

Dilansir melalui Yahoo Tech, Jumat (7/8/2009), Twitter sempat tidak beroperasi selama lebih dari satu jam pada saat serangan berlangsung, Kamis (6/8/2009) malam.

Hal yang sama pun terjadi pada situs milik Mark Zuckerberg.Hanya saja, Facebook langsung menyadari serangan tersebut setelah sebagian besar penggemarnya melaporkan 'lemotnya' akses Facebook. Facebook menyadari adanya serangan distributed-denial-of-service (DDoS) yang menjadikan situsnya sulit diakses tadi malam.

Google masih lebih beruntung dibanding Twitter dan Facebook. Menurut Google, sistem jaringan keamanan Google telah lebih dahulu mengantisipasi serangan ini sehingga tidak ada kendala berarti di jaringan akses Google.

Menurut Google, hacker berhasil membuat serangan DDoS dan berupaya untuk menginfeksi komputer pengguna sehingga dapat berfungsi sebagai komputer 'zombie'. Komputer yang terinfeksi virus tersebut akan diperintahkan untuk secara simultan mengunjungi situs tertentu.

"Sepuluh tahun yang lalu kami pernah menyaksikan sebuah situs besar berhasil dilumpuhkan oleh serangan DDoS ini," ujar peneliti keamanan jaringan dari Cisco Patrick Peterson.

Namun bedanya, lanjut Peterson, saat ini botnet yang mereka ciptakan akan menginfeksi PC pengguna secara otomatis.

Facebook dan Google sudah bisa diakses dengan baik. Berbeda dengan Twitter, yang masih sulit diakses. Bahkan saat okezone mencoba membuka akun twitter terdapat notifikasi,

Woah there!
This page is no longer valid. It looks like someone already used the token information you provided. Please return to the site that sent you to this page and try again ? it was probably an honest mistake. (srn)

0 Komentar:

Poskan Komentar