Facebook Bikin Versi Lebih Ringan


PALO ALTO,AS--Raksasa jaringan sosial, Facebook, mulai mengetes versi pemangkasan situs yang tampil lebih cepat. Situs versi ringan itu khusus ditujukan ke negara-negara di mana koneksi broadband terbatas.

"Facebook Lite", nama versi itu, mirip dengan versi mobile, yang memungkinkan anggota mengetikkan komentar, menerima permintaan teman, menayangkan pesan, melihat foto dan perbaruan status. Situs itu--kini terbuka hanya untuk anggota terpilih--memiliki alamat di lite.facebook.com

"Kita saat ini tengah menguji alternatif sederhana pada Facebook.com, yang menampilkan rangkaian fitur khusus secara cepat dan efisien," demikian ujar jurubicara Facebook, dalam sebuah pernyataan yang dilansir oleh InternetNews (12/8). "Kami juga sedang mengetes Facebook Lite di negara-negara yang kami lihat memiliki pengguna baru pertama kali dalam Facebook dan ingin memulai dari pengalaman sederhana,"

Versi lebih langsing tayang pertama kali di depan khalayak dengan eror, ketika Facebook, dengan salah melakukan distribusi luas dengan mengundang partisipan untuk menguji. Perusahaan mengatakan, mereka akan terus melakukan pengetesan terbatas versi Lite, alias tidak untuk seluruh pengguna.

"Kemarin malam, secara temporer, pengetesan terpapar pada jumlah besar pengguna karena kesalahan," ujar perusahaan dalam sebuah pernyataan. "Kita tidak membuka akses ke lite.facebook.com ke seluruh anggota kali ini. Mereka yang tidak menjadi bagian pengetesan dan mencoba masuk 'Lite' akan langsung diarahkan ke Facebook.com seperti biasa,"

Pengungkapan tanpa sengaja Facebook Lite terjadi ketika perusahaan melanjutkan upaya menguangkan komunitas besar --laporan terakhir ada 250 juta anggota aktif--dengan terus menambah layanan dan fitur. Berita ini muncul di saat perusahaan baru mengakuisisi layanan berbagi konten, FriendFeed.

Facebook, yang sejak lama telah berjuang keras di masalah seputar privasi, keamanan data dan penggunaan data anggota, juga melakukan gerakan di minggu-minggu terakhir. Mereka semakin mengetatkan aturan penggunaan data bagi pihak ketiga yang memasang iklan dalam aplikasi Facebook. itz

0 Komentar:

Poskan Komentar