7 Langkah Agar Privasi di Facebook Aman

INILAH.COM, Jakarta – Banyak user Facebook yang kaget karena album fotonya bisa dilihat oleh user yang bukan teman. Hal itu karena Facebook menerapkan kontrol privacy baru. Lalu bagaimana agar privasi aman?

Facebook memberikan pengaturan baru menyangkut privasi membernya. Inisiatif privasi itu selain dari Facebook juga tergantung dari pribadi membernya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan user melakukan pengaturan privasinya.

1.Informasi yang dapat dilihat oleh semua orang.

Setiap orang dapat melihat nama, foto profil dan pekerjaan. Jika Anda khawatir tentang grup yang memiliki perilaku aneh, maka hindari menjadi penggemar kelompok Facebook seperti itu.

Anda tidak dapat meminta Facebook untuk tidak menampilkan infromasi Anda ke grup seperti itu. Anda dapat menghapus centang "Tunjukkan jenis kelamin di profil saya" saat mengedit profil jika tidak ingin terdaftar, dan Anda dapat mengosongkan "Kota tempat tinggal".

2. Daftar teman-teman juga bisa dilihat publik.

Facebook juga mempertimbangkan agar informasi daftar teman bisa dilihat oleh publik. Advokat privasi khawatir banyak yang bisa dimanfaatkan dari daftar teman itu, termasuk orientasi seksual, menurut sebuah studi MIT. Tapi ada cara untuk menyembunyikan daftar teman. Masuk ke halaman profil dan klik pada ikon pensil biru kecil di kanan atas kotak teman. Hapus tanda centang "Tampilkan Daftar Teman ke semua orang." Atau bagi yang sudah berteman saja yang dapat melihat daftar lengkap teman.

3. Anda dapat menyembunyikan diri dari pencarian web.

Ada bagian "Cari" di bawah halaman pengaturan privasi Facebook, yang dapat diakses dari sudut kanan atas di bawah "Pengaturan." Jika Anda klik tombol kotak "Izinkan" di samping "Hasil Pencarian Umum," informasi yang dianggap Facebook yang tersedia untuk umum (seperti foto, halaman fitur dan daftar teman-teman), bersama dengan apa pun yang tersedia bagi semua orang, akan muncul ketika seseorang mencari nama Anda di mesin pencari seperti Google.

Ini berguna jika Anda ingin orang-orang yang telah kehilangan kontak dengan rekan kerja dapat menemukan halaman Facebook Anda. Jika Anda lebih suka tidak dapat ditemukan, jangan centang kotak ini.

Pengaturan kedua, mengendalikan pencarian dalam Facebook, memungkinkan Anda menyaring siapa yang dapat menemukan orang yang pernah Anda koneksikan. Batasi pencarian ke teman-teman, hanya jika Anda memiliki teman-teman yang dibutuhkan dan tidak ingin orang menemukan Anda ketika mereka mengetik nama Anda di Facebook.

4. Waspadalah terhadap aplikasi pihak ketiga.

Kuis dan permainan memang menyenangkan, tapi setiap kali Anda diharuskan memberikan izin untuk mengakses informasi profil Anda. Bahkan jika Anda membuat akses hanya tersedia untuk teman-teman, tetapi Anda juga membiarkan aplikasi mengakses beberapa informasi tentang teman-teman Anda.

5. Atur daftar teman.

Pengguna Facebook rata-rata memiliki 130 teman. Tetapi banyak orang berinteraksi dengan kelompok yang lebih kecil ketika mengomentari status update, foto dan link.

Jadi, tidak ada salahnya untuk sesekali memeriksa daftar teman-teman untuk mendapatkan ide siapa yang boleh melihat status posting, foto-foto liburan dan link lucu.

Jangan merasa berkewajiban untuk menambahkan seseorang sebagai teman, bahkan jika orang itu menambahkan pertama kali. Beberapa tempat kerja dan sekolah mempunyai aturan tentang interaksi Facebook antar atasan dan karyawan, atau siswa dan guru.

6. Buat kustomisasi kelompok teman-teman.

Jika Anda memiliki teman sangat banyak, pikirkan kelompok di mana Anda berinteraksi dengan kehidupan nyata (rekan kerja, teman-teman sekolah, pacar, nenek dan kakek) dan mengatur teman-teman Facebook Anda dalam kelompok-kelompok.

Masuk ke "Semua Teman" klik "Buat Daftar Baru". Kemudian putuskan aspek profil Anda dan pilih status posting dan foto, orang-orang ini akan memiliki akses ke akun Anda atau cukup buat sebuah "batasan" daftar kenalan atau kerabat jauh dan membatasi akses mereka.

7. Menyesuaikan posting status

Ketik "aku lapar" ke dalam kotak status anda. Klik pada ikon gembok kecil. Anda akan melihat rentang kendali pribadi, membiarkan Anda memperbolehkan atau membatasi akses ke posting.

Jika Anda ingin, maka Anda dapat menyembunyikannya dari semua orang dengan mengklik "Hanya saya" di bawah pengaturan kustomisasi. Klik "Simpan Pengaturan." Ulangi dengan setiap posting, atau membuat pengaturan dasar bagi sebagian besar pembaharuan dan menambah atau mengurangi privasi sesuai keinginan Anda. [ito] Syamsudin Prasetyo

0 Komentar:

Poskan Komentar