Mozilla Tunda Luncurkan Firefox Terbaru


CALIFORNIA - Peluncuran Firefox terbaru versi 3.6, 3.7 dan 4.0 tertunda dari rencana awal karena Mozilla ingin meminimalisir risiko.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, persaingan browser saat ini demikian ketat. Maka Mozilla berpendapat, jika tidak memperhitungkan risiko upgrade, maka bisa berpotensi kehilangan pangsa pasar.

Tahun lalu, Google telah merilis Chrome untuk Windows diikuti dengan versi beta untuk Mac dan Linux. Apple, secara agresif gencar mempromosikan Safari. Microsoft pun tak mau kalah, raksasa peranti lunak ini melakukan pembaharuan ke dalam Internet Explorer (IE). Terakhir, Opera membangun mesin JavaScript yang lebih cepat.

Versi terbaru Firefox, yaitu versi 3.6 dijadwalkan meluncur akhir 2009, namun Mozilla telah memutuskan akan menundanya hingga kuartal pertama 2010. Selain itu, versi 4.0 yang direncanakan muncul akhir 2010 juga akan mundur jadwal peluncurannya pada kuartal pertama 2011.

Analis dari Pund-IT Charles King berkomentar, penundaan ini mungkin bisa menjadi kabar baik bagi Microsoft. Seperti diketahui, data terbaru menyebutkan Firefox 3.5 memiliki persentase pengguna yang lebih besar dari pengguna IE 7 atau 8. Namun tren tersebut juga memperlihatkan transisi pengguna yang relatif cepat ke browser terbaru Microsoft seiring perilisan Windows 7.

"Dengan penundaan Firefox versi terbaru, Microsoft memiliki celah untuk mengambil kembali sebagian pangsa pasar," kata King seperti dikutip dari
News Factor, Selasa (29/12/2009).

"Semuanya akan sangat bergantung pada seberapa baik Microsoft memperkenalkan dan mempromosikan IE 8, bagaimana perbedaan dan kelebihannya jika dibandingkan dengan IE 7 dan Firefox," tandasnya. (rah) Rachmatunnisa - Okezone

0 Komentar:

Poskan Komentar