Hominid Terobosan Terbesar Sains 2009

INILAH.COM, Jakarta –Penemuan kerangka berusia 4,4 juta tahun menjadi terobosan ilmiah terbesar tahun 2009. Kerangka ini dinilai sebagai nenek moyang manusia tertua.

Fosil yang dikenal sebagai Ardi, menduduki tangga teratas daftar 10 kemajuan ilmiah terbesar untuk tahun ini. Selain Ardi ada juga nominasi penemuan air di bulan dan penggunaan lembaran atom karbon ultra-tipis dalam percobaan perangkat elektronik.

Ardi atau Ardipithecus Ramidus adalah subyek penelitian serius antropolog selama 15 tahun. Kerangka yang ditemukan di Ethiopia itu memberikan wawasan yang tak terhitung dalam evolusi manusia.”

Kerangka itu 1,2 juta tahun lebih tua daripada Lucy, yang sebelumnya dikenal sebagai nenek moyang tertua manusia. Ardi membantu menghancurkan mitos popular tentang kesamaan langsung antara manusia dan kera modern.

Banyak ciri-ciri yang ditemukan di tengkorak Ardi, gigi, panggul, tangan dan kaki, menunjukkan bahwa kera Afrika berevolusi secara ekstensif dan berbagi nenek moyang yang sama dengan manusia.

Penemuan ini juga memadamkan harapan menemukan kaitan yang terputus antara manusia dan kera modern.

"Ardi mengubah cara kita berpikir tentang evolusi manusia awal," kata Editor Science Bruce Alberts.

Di antara perkembangan lain yang terdaftar oleh jurnal adalah penemuan pulsar yang sebelumnya tidak diketahui oleh teleskop Fermi NASA, termasuk satu yang terletak 4.600 tahun cahaya dari Bumi.

Pengamatan membantu menjelaskan bagaimana sebuah pulsar yakni sebuah obyek langit yang berputar cepat, dan inti magnet dari sebuah bintang berproses menjadi sebuah ledakan dan bagaimana mereka berkontribusi terhadap radiasi elektromagnetik di alam semesta.

Astrofisika menyediakan dua kemajuan sains dari sepuluh daftar yang ada selama setahun, termasuk penemuan NASA tentang air es di bulan.

Pada bulan Oktober badan antariksa AS mengirim sebuah rudal yang menghantam ke kawah gelap Cabeus secara permanen, dekat kutub selatan bulan, sekitar 5.600 mil dengan kecepatan 9.000 kilometer per jam.

Saat itu diikuti empat menit kemudian oleh sebuah pesawat antariksa yang dilengkapi dengan alat yang mendeteksi sejumlah besar air es di bulan.

NASA juga dipuji oleh Science untuk perbaikan teleskop ruang angkasa Hubble oleh astronot, yang ternyata kemudian menangkap gambar belum pernah terjadi sebelumnya dari alam semesta kita.

Sementara itu fisikawan yang bekerja di bumi dengan material kristal aneh berhasil menciptakan riak magnetik yang dapat membantu mengkonfirmasi keberadaan monopoles, yakni partikel teoretis dengan hanya satu kutub magnet.

Dan fisikawan mengoperasikan laser sinar-X di Universitas Stanford mendapat suntikan segar reaksi-kimia-kejut dan molekul 10.000 kali lebih kecil daripada rambut manusia.

Tahun ini juga ada kemajuan dalam cara kita menggunakan bahan-bahan, termasuk graphene yakni sebuah material yang sangat konduktif lembar atom karbon.

Para ilmuwan memeriksa struktur ultra-tipis yang untuk pertama kalinya mampu untuk memanipulasi perangkat eletronik skala nano, mengangkat harapan bagi kemajuan seluruh industri.

Dalam ilmu biologi terobosan dibuat dalam terapi gen dan jalur sinyal, yang menawarkan harapan untuk memperpanjang kehidupan manusia.

Sementara terapis gen mengembangkan cara-cara baru untuk mengobati penyakit otak, kebutaan turun-temurun dan beberapa gangguan kekebalan tubuh, sinyal tersebut bekerja pada sebuah obat yang memperpanjang rentang hidup tikus sekitar 10 persen.

Ini adalah pertama kalinya obat penekan kekebalan tubuh yakni Rapamycin, telah terbukti bekerja pada mamalia.

Seiring dengan perubahan iklim di puncak agenda politik, para ilmuwan menangkap gambaran yang lebih jelas molekul tanaman yang dapat memungkinkan mereka untuk mengembangkan cara-cara baru untuk melindungi tanaman terhadap kekeringan.

Mereka mengisolasi hormon asam absis, menemukan bahwa hormon itu dipicu ketika tanaman mendeteksi kondisi kekeringan. Terkait dengan pemikiran penciptaan variasi hormon, ilmuwan berharap mereka akan dapat mendorong usaha perlindungan tanaman.

Pada tahun yang akan datang editor Science mengatakan mereka mengharapkan terobosan dalam penelitian sel induk, metabolisme sel kanker dan pemetaan genom manusia.

Dengan dukungan Gedung Putih dalam hal pendanaan, masa depan penerbangan angkasa berawak dan perjalanan kembali manusia ke bulan pada 2020 serta membangun pangkalan bulan untuk eksplorasi lebih lanjut ke Mars, mungkin juga akan diputuskan.[ito] photo by (bbc.co.uk)

0 Komentar:

Poskan Komentar