Pola Makan Sehat Lintas Benua

KOMPAS.com - Tak ada yang menyangkal bahwa pola makan ikut menentukan kesehatan. Kebiasaan serta pola makan dari berbagai negara ini bisa jadi pilihan menarik untuk dicoba. Bukan hanya menjadi sehat, tapi juga mencicipi kuliner dari negara lain.



Asia
Salah satu pola makan orang-orang Asia yang cukup menguntungkan untuk kesehatan adalah tak memasukkan daging sebagai menu utamanya. Kebanyakan orang Asia lebih banyak menggunakan sayuran dengan sedikit daging sebagai
garnish. Sumber protein pengganti daging bisa didapatkan dari ikan dan kacang-kacangan, terutama kedelai. Nasi sebagai sumber karbohidrat utama juga membuat orang Asia tak begitu gemuk.



Amerika Selatan
Meski orang-orang Amerika Latin mengonsumsi daging lebih banyak dari orang Amerika Serikat, namun angka penyakit jantung yang diderita masyarakatnya cenderung rendah. Rahasianya, mereka mengonsumsi daging sapi yang diternakkan secara konvensional, yakni dibiarkan bebas makan rumput di lapangan. Dengan demikian daging sapi yang dihasilkan memiliki kadar lemak lebih rendah dibanding sapi yang dikurung dan diberi pakan jadi.


Mediterania
Alih-alih memilih lemak jenuh, orang Mediterania menggantinya dengan lemak sehat yang berasal dari minyak zaitun. Selain dipakai untuk masak, kebanyakan orang Mediterania juga mengonsumsi langsung minyak zaitun. Rahasia sehat lainnya adalah memakan buah anggur sebagai makanan penutup.


Afrika
Tambahkan lebih banyak kacang-kacangan dalam piring Anda. Di banyak negara Afrika, kacang-kacangan seringkali menjadi hidangan utama mereka yang ditambah dengan tomat atau salad yang lezat. Hasilnya, selain tak punya masalah dengan berat badan, secara statistik internasional orang Afrika memiliki tingkat paling rendah dalam kejadian kanker.
AN Editor: acandra Sumber : WebMD

0 Komentar:

Poskan Komentar