Tahun Baru, Indonesia Tidak Kebagian Blue Moon


JAKARTA - Astronom memprediksi munculnya Blue Moonatau Bulan Biru saat malam pergantian tahun baru. Sayangnya Bulan Biru malam tahun baru ini hanya berlaku di negara-negara Barat, tidak untuk Indonesia.

Profesor riset Astronomi Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin menyebutkan, Bulan Biru sebenarnya hanya terminologi yang digunakan untuk menyebut bulan penuh atau bulan purnama yang datang dua kali dalam satu bulan.

Menurut Thomas, pada pergantian tahun baru malam ini, hanya negara-negara barat saja yang mengalami fenomena Bulan Biru.

"Di barat, Desember ini terjadi dua kali bulan purnama, yaitu tanggal 2 Desember dan 31 Desember. Purnama kedua yang terjadi pada bulan ini di barat nanti malam itulah yang dikatakan sebagai Bulan Biru," kata Thomas ketika dihubungi
okezone, Kamis (31/12/2009).

Rentang waktu yang berbeda antara wilayah Asia dengan barat menyebabkan fenomena itu tidak berlaku di Asia, termasuk Indonesia. Dijelaskan Thomas, jika di wilayah barat masih tanggal 31 Desember 2009, berarti di Indonesia telah masuk 1 Januari 2010 sehingga fenomena tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai Bulan Biru di Indonesia.

"Bulan Biru di Indonesia akan terjadi pada 30 Januari 2010 karena pada bulan Januari ini Indonesia kedapatan dua kali bulan purnama, yaitu pada 1 Januari 2010 dan 30 Januari 2010," terangnya.

Dikatakan oleh Thomas, fenomena alam ini bukan fenomena langka karena dapat dipastikan akan terjadi setiap dua bulan sekali. (rah)
Rachmatunnisa - Okezone

0 Komentar:

Poskan Komentar