Mungkinkah Planet di Film Avatar Nyata?

INILAH.COM, Jakarta – Film animasi Avatar, James Cameron sudah diputar di RI. Astronom menunjukkan, bulan yang dihuni makhluk asing di film itu disebut Pandora, mungkin ada dalam kenyataan.

Meskipun belum pernah ditemukan sampai saat ini, "exomoon" atau exoplanet yang mengorbit, pasti akan ditemukan menurut pengumuman Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CFA) AS.


Pandora merupakan dunia asing yang jaraknya 5 tahun cahaya dari Bumi yang mengorbit sebuah planet ekstrasurya dalam sistem Alpha Centauri A.

"Jika Pandora ada, kita memiliki kemungkinan bisa mendeteksi dan mempelajari atmosfer dalam dekade berikutnya," kata Lisa Kaltenegger dari CFA.


Kaltenegger dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa semua planet dengan gas raksasa di tata surya kita (Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus) memiliki bulan, dan jika bulan ini cukup besar, maka akan memiliki atmosfer.

Salah satu contohnya adalah salah satu bulan terbesar Saturnus, Titan yang memiliki atmosfer sangat tebal. Misi Huygens 2005 ESA juga menemukan banyak fitur-fitur permukaan Bumi yang sangat mirip di wilayah itu.

"Semua planet gas raksasa dalam tata surya kita memiliki bebatuan dan bulan dingin," tambah Kaltenegger.

"Itu menimbulkan kemungkinan bahwa Yupiter juga akan memiliki bulan. Beberapa dari mereka mungkin seukuran bumi dan mampu memiliki atmosfer."


Namun, mencari exoplanets adalah usaha keras, dan walaupun lebih dari 400 telah terdeteksi, namun wahana berteknologi tinggi dibutuhkan untuk pergi berburu exomoon.[ito]

0 Komentar:

Poskan Komentar