Musik Juga Miliki Unsur Sains


JAKARTA - Musik pada dasarnya mengandung pula unsur-unsur sains di dalamnya. Hal ini diungkapkan Sekretaris Menristek Benyamin Lakitan.

"Selama ini musik dikategorikan sebagai sebuah bentuk karya seni. Padahal jika kita menggalinya lebih dalam, kita akan menemukan kombinasi sains di dalamnya," kata Benyamin saat membuka pameran bertajuk 'Strike a Chord the Science of Music' di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK), Taman Mini, Jakarta (1/12/2009).

Menurutnya, sains dan seni akan senantiasa bertemu dalam kombinasi sebuah produk teknologi. Benyamin mencontohkan sebuah mobil, tidak sepenuhnya merupakan produk teknologi karena ada campur tangan seni di dalamnya.

"Tidak ada produk yang murni sains. Pasti ada sentuhan seni di dalamnya. Begitu juga dengan seni itu sendiri, terdapat unsur-unsur ilmiah di dalamnya," kata Benyamin.

Untuk itu, Kedubes Australia bekerjasama dengan PP-IPTEK dan Kementerian Ristek (Riset dan teknologi) mengadakan pameran 'Strike a Chord the Science of Musik', untuk meningkatkan pemahaman serta kepedulian masyarakat dibidang iptek melalui media universal yaitu musik.

"Musik merupakan bahasa universal yang dapat dicerna oleh berbagai bangsa tanpa perlu penterjemah. Melalui acara ini kami mengajak semua orang berpartisipasi dalam kegiatan yang menyenangkan sambil belajar," kata Kepala PP-IPTEK Finarya Legoh.

Dalam pameran yang berlangsung mulai tanggal 1 Desember 2009 hingga 31 Maret 2010 ini, penonton diajak mengeksplorasi ilmu pengetahuan seni musik dan suara yang mencakup getaran, penentuan nada, volume, fisiologi telinga, frasa musik, dan lain sebagainya dengan mencoba sekira 14 alat peraga yang dihadirkan di pameran tersebut.

Sementara itu, Duta Besar Australia Bill Farmer mengaku sangat gembira bisa bekerjasama dalam menyelenggarakan pameran unik ini.

"Kami sangat gembira bisa berbagi pengalaman melalui pameran interaktif ini dengan Indonesia. Pameran ini memungkinkan pengunjung belajar tentang ilmu pengetahuan suara dan musik dengan cara yang mengasyikkan," kata Farmer. (rah) okezone.com

0 Komentar:

Poskan Komentar