Samsung, Ponsel dengan Radiasi Paling Rendah


WASHINGTON - Para ahli hingga saat ini masih memperdebatkan dampak radiasi ponsel terhadap pengguna.

Beberapa riset ada yang menyebutkan ponsel cukup aman untuk digunakan, namun ada pula yang berpendapat radiasi yang dihasilkan ponsel bisa berdampak buruk terhadap para penggunanya.

Data hasil penelitian selama 10 tahun yang dilakukan organisasi kesehatan dunia WHO menyebutkan, terdapat keterkaitan antara penggunaan ponsel dalam jangka waktu yang lama dengan peningkatan risiko kanker dan tumor.

Studi terbaru yang dipimpin Elisabeth Cardis memperkuat argumen tersebut. Hasil penelitian menyebutkan, terdapat peningkatan risiko tumor otak sebesar 18 persen. Peningkatan risiko tumor otak ini berkaitan dengan penggunaan ponsel dalam kurun waktu yang lama. Demikian keterangan yang dikutip dari Hot Hardware, Selasa (29/12/2009).

Agar ponsel lebih aman digunakan, ada beberapa perusahaan yang menawarkan SAR Shield, yaitu sebuah alat tambahan yang bisa dipasangkan ke ponsel jenis apapun. SAR Shield diklaim dapat mengurangi efek radiasi ponsel hingga 89 persen.

Melalui hasil studi ini, diketahui pula bahwa ponsel Motorola mendominasi daftar 20 ponsel dengan radiasi paling tinggi, disusul dengan Blackberry dan LG di urutan berikutnya.

Para ahli menobatkan Samsung sebagai ponsel yang cukup aman untuk digunakan. Ponsel besutan vendor asal Korea ini mendominasi 20 daftar ponsel dengan radiasi paling rendah. (rah) Rachmatunnisa - Okezone

0 Komentar:

Poskan Komentar