Lebih Cepat dengan Atom Baru


CALIFORNIA - Setelah hampir setahun lamanya, Intel menghadirkan chip Atom untuk netbook yang sedemikian populernya, perusahaan ini kembali mengumumkan prosesor Intel Atom terbaru yang memiliki kapabilitas grafis yang terintegrasi dalam CPU.

Dengan menggunakan Atom terbaru, netbook akan memiliki kinerja lebih tinggi dengan desain yang lebih kecil dan hemat energi. Para OEM terkemuka telah berkomitmen untuk mengeluarkan sistem dengan menggunakan prosesor Intel Atom dan chipset pendukungnya dalam kurun waktu beberapa minggu ke depan.

Platform Intel terbaru ini hadir melalui Intel Atom N450, dan Intel NM10 Express Chipset untuk netbook yang mempunyai konsumsi listrik lebih rendah. Sedangkan desktop PC tingkat dasar menggunakan antara prosesor Intel Atom D410 atau D510 yang memiliki dua inti, yang kemudian dipasangkan dengan Intel NM10 Express Chipset.

Desain prosesor Atom telah disesuaikan untuk perangkat kecil dan memiliki konsumsi listrik yang rendah, dan masih merupakan chip Intel terkecil, yang dirakit dengan menggunakan proses produksi 45nm high-k metal gate. Seluruh bagian platform, termasuk dengan chipset, dikemas dalam ukuran yang lebih kecil oleh karena proses integrasi dan sistem produksi 45nm yang lebih kecil.

“Prosesor Atom Intel telah membuka sebuah kategori baru dalam dunia komputasi selama satu setengah tahun ke belakang dan kami percaya bahwa perkembangan ini akan berlanjut dengan perangkat seperti netbook dan desktop PC tingkat dasar yang dibangun sesuai dengan aktifitas komputasi yang mendasar dan pola pemakaian Internet,” kata Moody Eden, Wakil Presiden dan General Manager PC Client Group Intel.

“Kami tidak sabar untuk meluncurkan platform Atom generasi terbaru dan bekerja sama dengan semua pihak dalam industri yang sedang memasuki tahap pertumbuhan berikutnya ini, mendukung desain sistem yang inovatif dengan kinerja yang lebih baik, jejak emisi yang lebih kecil dan baterai yang tahan lebih lama,” tambahnya.

N450 adalah sebuah prosesor Atom satu inti yang menggunakan cache L2 512k dan perangkat TDP sebesar 7 watt termasuk chipset. Sedangkan D410 untuk desktop PC tingkat dasar adalah prosesor Atom dengan satu inti yang memiliki cache L2 512k dan perangkat TDP sebesar 12 watt termasuk chipset, dan D510 untuk desktop PC tingkat dasar adalah prosesor Atom dua inti dengan cache L2 1meg dan perangkat TDP sebesar 15 watt termasuk chipset. Semua chip baru ini mempunyai kecepatan sebesar 1,66GHz.

Harga dan ketersediaan barang akan diumumkan pada bulan Januari, saat sistem-sistem tersebut diberikan bagi para OEM. (tyo) okezone.com

0 Komentar:

Poskan Komentar