Google Berencana Beli Situs Lokal


SAN FRANSISCO - Google kini tengah dalam pembicaraan intensif dengan pihak pemilik Yelp, sebuah website review bisnis yang berpusat di San Fransisco. Raksasa internet itu berniat meminang Yelp seharga USD500 juta atau sekira Rp4,7 triliun.

Desas desus ini muncul seiring dengan kian gencarnya Google melebarkan sayap ke berbagai perusahaan lokal. Sejak Agustus, setidaknya sudah ada lima perusahaan yang diakuisisi Google. Demikian keterangan yang dikutip dari
Reuters, Minggu (20/12/2009).

Yelp disebut-sebut bisa membantu Google mendapuk banyak keuntungan dari pasar periklanan lokal. Dengan membeli Yelp, Google akan memiliki salah satu situs populer yang menyimpan berbagai informasi bisnis menengah, tempat-tempat penginapan, restoran, juga lebih dari delapan juta review bisnis yang diposting para pengguna Yelp.

Hal itu akan memberikan nilai tambah bagi Google dalam meyakinkan para pelaku bisnis lokal untuk beralih memasang iklan di situsnya.

"Pasar periklanan lokal merupakan pasar yang bisa menghasilkan keuntungan multi miliar dolar," kata analis dari Needham & Co Mark May.

Namun begitu, juru bicara Yelp belum mau menjelaskan dengan rinci perihal kerjasamanya dengan Google. Juru bicara Yelp hanya menyebutkan pihaknya tengah intens mendiskusikan rencanan kerjasama dengan perusahaan mana saja, dan ingin menambah investasi mereka.

Senada dengan Yelp, juru bicara Google pun belum mau berkomentar lebih jauh mengenai spekulasi ini. Mereka hanya menyebutkan, rencana akuisisi Yelp pernah dibicarakan sejak beberapa tahun lalu, namun hingga sekarang belum menemukan kesepakatan. (rah)
okezone.com

0 Komentar:

Poskan Komentar