Anggur Merah Bantu Sehatkan Gigi


ROMA - Para peneliti di Pavia University, Italia, menemukan khasiat baru dari anggur merah. Minuman ini ternyata baik bagi kesehatan gigi.

Di dalam anggur merah terdapat bahan kimia yang dapat menangkis bakteri jahat penyebab kerusakan gigi. Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry ini menyebutkan, rutin meminum anggur merah per hari membantu menyehatkan gigi dan mengurangi kebutuhan untuk tambal gigi.

Selain itu, anggur merah jika dikonsumsi dalam takaran sedang diyakini memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung dan mencegah beberapa jenis kanker. Demikian keterangan yang dikutip dari
Daily Mail, Senin (7/12/2009).

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan juga telah meneliti kemungkinan efek anggur merah dalam mencegah kerusakan gigi. Tahun lalu, tim dari AS menemukan bahwa senyawa kimia yang terkandung dalam jumlah besar pada biji dan kulit anggur bisa menghambat kemampuan bakteri corrosive melekat pada enamel gigi.

Salah satu bakteri yang paling merusak yaitu streptococcus mutan. Bakteri ini hidup dalam mulut dan mendapatkan makanan dari gula diet. Sekali menempel pada gigi, organisme ini akan memicu proses demineralisasi yang membentuk lubang di gigi.

Dalam studi terbaru di Italia ini para ilmuwan memapar bakteri dengan sejumlah kecil anggur merah tanpa alkohol. Alkohol dari anggur diangkat untuk melihat komponen apa yang berperan.

Hasilnya memperlihatkan, organisme berbahaya tidak bisa menempel ke gigi dan air liur saat terpapar dengan anggur merah.

Menurut peneliti, bahan aktif yang berperan adalah senyawa yang disebut proanthocyanidins, yaitu zat kimia kaya antioksidan yang banyak ditemukan pada kulit anggur. (rah)
okezone.com photo by Daily Mail

0 Komentar:

Poskan Komentar