Selasa, 12 Januari 2010

Sapu Angin, Mobil Hemat BBM



Liputan6.com, Surabaya: Merasa boros dengan penggunaan bahan bakar kendaraan Anda? Cobalah mobil Sapu Angin karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Jawa Timur. Kendaraan ini diklaim menempuh jarak 1.000 kilometer hanya dengan satu liter bensin.
Mobil hemat energi dan ramah lingkungan itu diluncurkan di Kenjeran Park, Surabaya, Senin (11/1). Mobil ini tercipta merespons masalah energi global. Sapu Angin didesain untuk memaksimalkan efisiensi energi dengan mengurangi gaya hambat angin sehingga irit BBM.
Kendaraan Sapu Angin hanya memuat satu orang. Sementara nama Sapu Angin diambil dari ajian Sunan Kalijaga yang konon dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah. Sebanyak 14 mahasiswa jurusan Teknik Mesin membuat mobil itu pada Agustus 2009 selama sebulan.
Saat diuji coba kendaraan mini itu sempat beberapa kali mogok. Kelemahan ini akan terus dievaluasi untuk diperbaiki. Dengan begitu pada Juli nanti mobil ini siap diikutsertakan dalam Shell-Eco Marathon di Malaysia. Momen ini adalah ajang membuat kendaraan yang dapat menempuh jarak terjauh dengan bahan bakar seefisien mungkin.(AIS) 
Vitria Rahaytu

0 Komentar:

Poskan Komentar