Senin, 18 Januari 2010

Korsel Kembangkan Robot 'PRT'


SEOUL - Peran pembantu Rumah tangga (PRT) di masa mendatang, tak tertutup kemungkinan akan tergeser oleh robot. Sejumlah ahli robotika dari berbagai negara telah mengembangkan robot yang dapat membantu mengurus setiap pekerjaan rumah.
Korea Selatan saat ini sedang mengembangkan robot 'PRT' yang diberi nama kode Mahru-Z. Robot ini diklaim mampu mengerjakan tugas seperti mencuci pakaian, membersihkan lantai hingga menghangatkan makanan di microwave.
AFP, Senin (18/1/2010) melansir Mahru-Z berbentuk seperti laiknya manusia yang dapat berjalan. Bentuk kepala Mahru-Z dapat berputar 360 derajat. Robot ini juga memiliki kaki, tangan dengan enam jari bionik, dan kemampuan penglihatan tiga dimensi.
"Kekuatan dari Mahru-Z adalah kemampuan visualnya untuk membaca objek, dan melakukan tugas-tugas yang diperlukan," kata You Bum-Jae, Head of the Cognitive Robot Centre di Korea Institute of Science and Technology.
Mahru-Z memiliki tinggi sekira 1,3 meter dan berat 55 kilogram. Sebelumnya Korsel juga mengembangkan robot dengan menggunakan roda untuk pergerakannya yakni robot Marhu-M yang dapat menjalankan komputer.
Biaya untuk pengembangan Mahru-Z merupakan proyek yang menghabiskan dana sekira USD3,5 miliar setiap tahun sejak tahun 2006. (srn) 
Stefanus Yugo Hindarto - Okezone Robot pembantu Mahru-Z (foto: Korea Times)

0 Komentar:

Poskan Komentar