Selasa, 19 Januari 2010

Monyet Memang Cerdas


Liputan6.com, Tubingen: Monyet mempunyai konsep dasar matematika di kepala mereka. Hal itu ditemukan pada sebuah penelitian terbaru Universitas Tubingen, Jerman. Para peneliti membuktikan kalau primata tersebut memiliki kemampuan berhitung di kepala. Sekalipun yang dihitung hanya berupa titik di layar yang bertambah atau berkurang.
Selain itu, berdasarkan eksperimen, monyet juga bisa mengambil keputusan. Salah seorang pemimpin studi di Universitas Tubingen, Profesor Andreas Nieder percaya kalau temuan monyet menguasai matematika dasar sudah terprogram melalui evolusi yang panjang.
"Ini adalah versi ilmu matematika primitif yang menurut kami bisa menjadikan keuntungan bertahan hidup," kata Nieder seperti dikutip 
Telegraph, Senin (18/1). "Jika kau sedang mencari makan maka hal itu adalah sebuah keuntungan karena dapat memilih pohon yang memiliki buah beri lebih banyak di atasnya," imbuh Nieder.
"Hal itu juga penting untuk monyet mengetahui berapa jumlah individu dalam kelompoknya. Kemudian membandingkannya dengan kelompok saingan sehingga dapat memutuskan menyerang atau mundur," kata Nieder.
Hasil penelitian tersebut kemudian dipublikasikan dalam P
roceeding of The National Academy of Sciences. Disebutkan, penelitian tersebut melibatkan monyet yang dilatih untuk mengenali jumlah titik yang ada pada layar melintas di depan mereka. Selanjutnya dibandingkan dengan dengan set berikutnya yang juga menunjukkan titik-titik.

Jika lampu merah di depan monyet dinyalakan, maka artinya ada lebih banyak titik pada gambar kedua. Begitu pula sebaliknya jika lampu biru yang menyala, artinya layar berisi titik yang lebih sedikit. Monyet yang membuat keputusan benar hingga 90 persen sekali waktu diberi hadiah sebuah apel atau air. Ini membuktikan bahwa monyet memang cerdas.(BJK/ANS) Bonifacius Jaka

0 Komentar:

Poskan Komentar