Jumat, 15 Januari 2010

Inilah Lokasi Gerhana Matahari di Indonesia


JAKARTA - Prediksi kemunculan gerhana Matahari cincin pada Jumat 15 Januari 2010 memancing antusiasme masyarakat menantikan fenomena tersebut. Sayangnya tidak semua wilayah Bumi kebagian melihat gerhana Matahari secara utuh. Indonesia termasuk wilayah yang akan mengalami gerhana Matahari sebagian.
"Gerhana Matahari cincin yang akan muncul besok hanya akan terlihat jelas di Afrika Tengah, India Selatan, Myanmar dan China," kata Profesor riset astronomi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, saat dihubungi 
Okezone, Kamis (13/1/2010).
Prediksi ini memang tidak jauh beda dengan yang diungkapkan oleh Kepala Observatorium Boscha, Hakim L Malasan. Hakim dan tim Boscha yang melakukan pemantauan di Bandung memperkirakan kemunculan gerhana di Bandung sebesar delapan persen akan nampak mulai pukul 14.30 WIB hingga 15.55 WIB.
Cuaca mendung dan hujan memang membuat para astronom khawatir fenomena ini sulit terlihat. Namun LAPAN memberikan bocoran tempat-tempat potensial untuk melihat gerhana Matahari sebagian yang terjadi besok.
"Di Indonesia, gerhana matahari hanya terlihat di Sumatera, Kalimantan, Jawa Barat hingga Jawa Tengah, Sulawesi Utara dan Lhokseumawe," kata Thomas.
Lebih lanjut Thomas memberikan keterangan lebih lengkap mengenai persentase penampakan gerhana di masing-masing daerah yang akan dilewati.
Menurutnya, di wilayah Sumatera fenomena gerhana akan terlihat sebesar 10 hingga 60 persen, Kalimantan sekira 0 hingga 20 persen, Jawa Barat hingga Jawa Tengah akan bisa terlihat sebesar 0 sampai 11 persen dan Sulawesi Utara sekira 0 sampai lima persen.
Lhokseumawe diprediksi menjadi wilayah yang berpeluang lebih besar bisa melihat gerhana. Persentase kemunculan gerhana di wilayah ini diperkirakan sebesar 53,7 persen dan berlangsung pada pukul 13.45 WIB sampai 16.44 WIB.
Bagi warga Jakarta yang menantikan fenomena ini, LAPAN memberikan bocoran kemunculan gerhana hanya akan terlihat sekira 11,1 persen saja dan terjadi mulai pukul 14.33 hingga 16.00.
Seperti diprediksi Boscha sebelumnya, untuk Indonesia, gerhana yang akan muncul besok tidak akan terlalu istimewa karena hanya akan terlihat sebagian. Namun bagi negara-negara yang dilewati gerhana secara penuh, fenomena gerhana kali ini akan menjadi gerhana Matahari yang istimewa dengan durasi terpanjang abad ini, karena akan berlangsung sekira tiga hingga empat jam lamanya. (rah) 
Rachmatunnisa - Okezone

0 Komentar:

Poskan Komentar