Kecanduan? Waktunya Kurangi Facebookan

VIVAnews - Salah satu laman jejaring sosial yang sangat populer saat ini adalah Facebook. Penggunanya mencapai hingga 350 juta di seluruh dunia.

Diperkirakan seluruh pengguna Facebook menghabiskan sampai 10 milyar menit waktu mereka per harinya untuk menulis di Wall, mengomentari foto, melihat profil teman dan hal lain yang bisa dilakukan di Facebook.

Facebook memang mempermudah kita untuk berhubungan dengan orang lain, tetapi efeknya juga membuat kita "sibuk sendiri" saat bertatap muka dengan orang lain. Untuk mengurangi efek buruk Facebook dua orang remaja asal Amerika Serikat, Halley Lamberson dan Monica Reed, yang bersekolah di San Francisco University High School, Amerika Serikat, membuat gerakan untuk mengurangi penggunaan Facebook.

"Kami merasa terlalu banyak menghabiskan waktu dengan Facebook. Akan lebih baik jika kami menguranginya," kata Lamberson seperti VIVAnews kutip dari Shine, 4 Januari 2010.

Kedua remaja tersebut, sepakat hanya akan membuka Facebook pada hari Sabtu pertama setiap bulannya. Jadi bisa dikatakan keduanya hanya membuka Facebook satu kali setiap bulan. Kedua sahabat ini, juga mengajak teman dan orang-orang disekitar mereka untuk mengikuti langkah yang mereka ambil.

Menurut Kimberly Young, seorang psikolog dari Center for Internet Addiction Recovery, hal yang dilakukan kedua remaja tersebut sangat baik. Karena, saat ini masalah kecanduan internet juga membayang-bayangi para remaja di seluruh dunia. Mereka bisa melupakan banyak hal dan kurang bersosialisasi karena kecanduan internet.

“Masalah kecanduan internet seperti juga masalah kecanduan lainnya. Jika seorang kecanduan, ia akan sulit mengontrol dirinya sendiri," ungkap Young.

Kecanduan internet ini, seringkali tidak disadari. Biasanya orang yang kecanduan internet, saat sedang berkumpul dengan teman-teman atau keluarganya, malah sibuk berinternet ria. Ia akan panik saat pergi ke suatu tempat dimana tidak bisa mengakses internet. Tangan dan fokus pikirannya, juga tidak akan lepas dari ponsel pintar miliknya. Bahkan, makan pun dilakukan sambil berinternet.

Sebenarnya banyak orang yang mengalami kecanduan internet tapi mereka tidak menyadarinya. Jika Anda merasa mengalami kecanduan internet, cobalah untuk 'diet internet'. Akan lebih baik jika Anda juga mengajak juga teman-teman. Mulai sekarang, jangan biarkan diri sibuk berinternet, saat sedang berkumpul dengan teman-teman atau keluarga Anda.

• VIVAnews Muhammad Firman, Mutia Nugraheni Photo by digiactive.org

0 Komentar:

Poskan Komentar