Senin, 25 Januari 2010

Es Krim China Mengandung Melamine


BEIJING - Tiga perusahaan di China terbukti bersalah menjual makanan yang mengandung melamine. Kasus ini mengingatkan kembali insiden susu bayi yang terkontaminasi melamine yang menyebabkan enam bayi meninggal pada 2008 lalu.
Pihak berwenang China saat ini menemukan kandungan melamine pada makanan "popsicle" atau es krim. Dalam penyelidikannya, pihak berwenang China menemukan kandungan bahan kimia berbahaya tersebut melewati batas aman. Demikian diberitakan
 China Daily, Senin (25/1/2010).
Menurut petugas, kepolisian produk "popsicle" tersebut kemungkinan besar terkontaminasi dengan susu yang ditarik akibat skandal melamine 2008 lalu. Polisi heran mengapa susu beracun tersebut bisa kembali beredar di pasaran.
Sementara pihak pembuat "popsicle" menyalahkan susu bubuk yang mereka beli dari pemasok susu.
Pada 2008 lalu, melamine ditemukan pada susu bubuk yang biasa dikonsumsi oleh umumnya oleh bayi. Pelaku yang mencampurkan bahan kimia berbahaya tersebut berdalih jika pihaknya berniat untuk menambah kandungan protein pada susu mereka.
Akibat skandal ini, enam bayi dikabarkan tewas, sementara 300 ribu lainnya sempat mengalami gangguan ginjal. Insiden ini mengakibatkan ketakukan di China dan beberapa negara yang menggunakan susu tersebut. Hingga kini pemerintah China telah menahan 21 orang yang terlibat kasus itu dan menghukum mati dua orang pelaku yang terlibat langsung.
(faj)(rhs) Fajar Nugraha - Okezone

0 Komentar:

Poskan Komentar