Selasa, 12 Januari 2010

Google Dituduh Anti-Islam



SAN FRANSISCO - Mesin pencarian internet raksasa Google dituduh mendiskreditkan Islam. Kecaman publik datang setelah ramai beberapa laporan pengguna yang menyebutkan Google menolak pencarian menggunakan kata kunci 'Islam'.
Google telah lama menjadi kepercayaan pengguna internet dalam melakukan pencarian apapun. Hanya dengan mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian, Google akan langsung menampilkan hasil pencarian yang bisa membantu pengguna menemukan informasi yang tepat. 
Namun pekan lalu, beberapa pengguna menemukan bahwa Google tidak bisa menampilkan hasil pencarian dengan kata kunci 'Islam'. Hasil pencarian Google sama sekali tidak nampak, bahkan meskipun pencarian dilakukan berulang-ulang. Sementara itu, ketika pengguna mengetikkan kata kunci 'Kristen' dan 'Yahudi', Google langsung memperlihatkan hasil pencarian terkait istilah tersebut. Demikian keterangan yang dikutip dari Daily Mail, Senin (11/1/2010).
Menanggapi laporan ini, Google mencoba menjelaskan duduk perkaranya bahwa saat ini mereka tengah dalam proses menyaring berbagai hasil pencarian yang terkait dengan pornografi, kata-kata kasar dan kotor, serta kekerasan.
"Jika Anda menemukan ada istilah yang tidak pantas untuk ditampilkan dalam hasil pencarian, mohon hubungi kami dengan memberikan postingan pada Google Web Search Help Forum," kata juru bicara Google.
Dia pun seraya menambahkan, ketiadaan hasil pencarian dengan kata kunci 'Islam' dikarenakan masalah pada software dan sama sekali tidak bermaksud mendiskreditkan agama atau pihak tertentu. 
"Hal itu diakibatkan cacat pada software dan kami tengah berusaha memperbaikinya secepat mungkin," tambahnya.
Google tidak memberikan klarifikasi lebih jauh lagi. Namun jika di cek, saat ini nampaknya pencarian Google dengan kata kunci Islam mulai kembali normal. (rah)  Rachmatunnisa - Okezone

1 Komentar:

Ayu Tri mengatakan...

aduh bang google jgn gitu donk..cpet dibenrin ya bang ... :)

Poskan Komentar