Sabtu, 30 Januari 2010

Mengapa Facebook Begitu Populer di RI?



INILAH.COM, Jakarta - "Males deh senyum sama orang yang gak sincere ... mending senyum sama tembok," kata Yuni dalam statusnya di Facebook yang kemudian ramai-ramai ditanggapi beberapa temannya.
Facebook bukan saja sangat interaktif, di mana antarteman bisa saling melontarkan kata-kata dan menanggapi, tetapi juga dengan mudah bisa berbagi foto dan video.
Mudah juga berkisah panjang seperti layaknya ngeblog dan menerima responnya, mengirim pesan personal seperti email, hingga berdiskusi dalam berbagai forum seperti milis, bahkan chatting pun bisa, seperti ber-YM (yahoo messenger).
Facebook juga menawarkan berbagai fitur lain, misalnya fitur untuk mengundang ke suatu jadwal acara, ajakan untuk mendukung suatu opini tertentu, saling berbagi bunga, coklat, atau kartu yang mengakrabkan, hingga ber-game ria.
"Yang paling asyik ada gamenya, saya ikut berbagai game di Facebook, dari mulai Mafia Wars, Poker, farmville, Cafeworld, dan lain-lain," kata Indra, seorang karyawan swasta penggemar game online.
Ia mengatakan sangat senang bisa memiliki kafe sendiri di Cafeworld yang selalu dikunjungi teman-teman Facebook-nya, membeli dan menyusun meja-kursi dan berbagai dekorasi lain dan memasak makanan sehingga mendapatkan uang dari sana, meskipun ini semua hanya mimpi dalam dunia maya.
Situs jejaring sosial yang satu ini memang cepat sekali meraih pengikut, seiring dengan semakin meluasnya jaringan internet dan meningkatnya ponsel yang bisa berinternet ria.
Pada Januari 2010 ini, menurut data Royal Pingdom, Facebook telah mengumpulkan 350 juta akun pengguna, di mana separuh di antaranya masuk (log in) setiap hari dan sebagian dari itu meng-update statusnya. Fakta lain, 2,5 miliar foto di-upload setiap bulannya ke Facebook.
Situs jejaring sosial karya mahasiswa Harvard University Mark Zuckerberg itu telah mengalahkan kepopuleran berbagai situs jejaring sosial lainnya seperti MySpace, Twitter, Classmates, Ning, Hi5, Tagged, Multiply, Friendster, Netlog dan lain-lain.
Facebook memang telah mengalahkan MySpace yang dua tahun lalu masih memiliki lebih dari dua per tiga total market situs jejaring sosial, namun dengan drastis kehilangan marketnya pada bulan-bulan terakhir 2008. Facebook telah merebut market ini.
Menurut provider web metric Hitwise, trafik Facebook pada akhir 2009 makin meroket, meningkat sekitar 200 persen dari tahun sebelumnya.
Soal ini Facebook telah mengklaim sudah menguasai 60 persen market dari 154 kompetitornya dan memastikan tidak akan menjadi MySpace selanjutnya.
Masa keemasan MySpace yang pernah menjadi situs jejaring sosial yang paling banyak dipakai telah memudar seperti halnya friendster dan multiply di Indonesia.
Sementara itu, menurut praktisi dunia software, Sajumah Umar Maya, kepopuleran Facebook disebabkan karena tampilan facebook menarik dan banyak memiliki aplikasi.
Aplikasi populer yang ada di Facebook misalnya Causes, suatu aplikasi penggalangan dana untuk berbagai kasus di dunia seperti gempa Haiti hingga penggalangan dana untuk tentara Israel.
Aplikasi lainnya, misalnya Birthday Calender yang dikembangkan oleh BigDates Solutions, Top Friends oleh Slide Inc, bahkan aplikasi lokal seperti Kartu Lebaran yang dikembangkan Rina Ariani, hingga berbagai aplikasi game seperti Texas HoldEm Poker yang dikembangkan Zynga dan dimainkan lebih dari 18 juta pengguna Facebook setiap bulan.
Semua aplikasi tersebut melengkapi aplikasi asli milik Facebook seperti Gifts, Events, Notes, Groups, Photo dan Video, serta membuat para pengembang game dan sejenisnya memiliki kesempatan untuk terjun ke jejaring sosial dan mendapat promosi untuk produk dan branding, ujarnya.
Sementara itu, penggiat Blogger Indonesia Enda Nasution mengakui, kelebihan Facebook adalah memberi tempat untuk berbagai aplikasi di luar yang dikembangkan situs itu.
Namun di luar itu, lanjut pemilik akun di Facebook, myspace, twitter, multiply, blogspot, friendster, sampai Hi5 itu, semua situs jejaring sosial memiliki fungsi yang hampir sama.
"Tidak ada yang lebih menarik dari yang lainnya, semua sama saja, tergantung selera orang," katanya sambil mengakui lebih sering menggunakan Facebook dan Twitter dibanding lainnya hanya karena kebanyakan temannya berada di dua situs tersebut.
Soal kepopuleran Facebook karena banyak aplikasi gamenya menurut dia, tidak juga, karena MySpace pun juga memiliki banyak game.
"Facebook dan Twitter memang lebih gampang digunakan karena pemiliknya tidak perlu menulis panjang. Bahkan di Twitter hanya dibolehkan 140 karakter, sangat singkat namun cepat. Sedangkan di Facebook sangat mudah dalam meng-upload foto," katanya.
Sementara bagi mereka yang senang ngeblog alias bercerita panjang-lebar, lebih memilih menggunakan Multiply, blogspot atau wordpress dengan tema tampilan halaman yang bisa diganti sesuai keinginan.[*/ito]

0 Komentar:

Poskan Komentar