Google Umumkan Nexus One Selasa Mendatang


Liputan6.com, New York: Waktu yang ditunggu-tunggu para penggemar gadget akhirnya mendekat. Telepon seluler pintar (smartphone) dari Google, Nexus One rencananya diumumkan Selasa mendatang. Ponsel pintar pertama keluaran Google ini sudah lama menjadi desas-desus di kalangan pemerhati gadget. Nexus One disebut-sebut bakal mengalahkan dominasi iPhone dari Apple Inc.

Seperti dilansir
ABC News, Nexus One hampir pasti bakal menggunakan sistem operasi (OS) Google Android. Inilah salah satu kelebihan Nexus One yang diperkirakan bakal mengalahkan iPhone. OS yang sudah diperkenalkan Google sejak setahun silam ini disebut-sebut sebagai terobosan penting karena bersifat open source. Artinya produsen ponsel lain bisa mengembangkan OS ini masing-masing secara gratis.

OS Google Android sendiri sudah diterapkan sejumlah produsen ponsel seperti Motorola, Samsung, dan LG sejak 2009. Di Indonesia, OS Android diperkenalkan lewat ponsel pintar asal Cina, HTC
[baca: HTC Magic, Ponsel Android Pertama di Indonesia]. Produsen komputer Acer pun berencana meluncurkan enam smartphone baru berbasis Android pada pertengahan 2010 [baca: Acer Rilis Enam Smartphone Pada 2010].

Strategi Google meluncurkan Android kerap disamakan dengan kesuksesan Microsoft Windows yang "merusak" pasar sekaligus mengalahkan dominasi komputer Apple yang menerapkan kebijakan OS non-open di era 1980-an. Kali ini, giliran Google yang menghantam hegemoni iPhone dari Apple Inc di pasar smartphone.

Betul atau salah perkiraan ini, akan terbukti dalam waktu dekat. Sabar saja.(ZAQ)
Zaky Muzakir

0 Komentar:

Poskan Komentar