Senin, 25 Januari 2010

Tips Agar Terhindar dari Skimming ATM



Menggunakan ATM yang lokasinya terpencil memang nyaman karena tidak perlu antri. Namun kebiasan seperti ini bisa menimbulkan malapetaka menjadi korban Skimming.
Vice President E-business Head Citibank N.A Rudy Hamdani mengatakan ada beberapa cara agar nasabah tidak jadi korban skimming.
1. Jaga keamanan dan kerahasiaan kartu dan PIN Anda. Jangan mencatat nomor PIN di kartu ATM karena rawan digunakan orang lain bila hilang. Jangan pernah memberi tahu PIN ATM kepada orang lain.
2. Hindari menggunakan nomor PIN yang diambil dari tanggal lahir atau nomor lain yang terkait dengan pengguna ATM.
3. Gunakan ATM yang berlokasi di Cabang Bank atau yang dekat security, hindari ATM terpencil walaupun di ATM terpencil tidak perlu antri.
4. Gunakan Ruang ATM yang benar benar aman dan jauh dari orang-orang tidak dikenal.
5. Tutup dengan jari Anda saat Input PIN di ATM
6. Jika kartu macet dan tidak bisa keluar dengan usaha sendiri, tinggalkan saja karena orang lain tidak bisa menggunakan tanpa mengetahui PIN-nya.
7. Jika kejadian ini sudah menimpa jangan panik, segera blokir kartu ATM dan selanjutnya segera laporkan ke kantor kepolisian terdekat.
8. Para pelaku juga sering melancarkan aksinya pada hari libur agar korban tidak bisa langsung menghubungi Bank dari ATM bersangkutan.
9. Pastikan Anda mengambil kembali kartu ATM usai bertransaksi.
10. Jangan tinggalkan kertas struk di mesin ATM. Dan bila kartu tertelan mesin, hubungi bank bersangkutan untuk memblokade rekening.
11. Segera lakukan pemblokiran Kartu ATM, jika Kartu ATM hilang hubungi via telepon atau datangi kantor cabang penerbit kartu.
12. Amati dan waspada ketika masuk ke dalam ruang ATM.
13. Amati apakah ada alat skimmer atau kamera pengintai.
14. Jangan langsung percaya dengan orang yang mengaku sebagai karyawan bank di sebuah mesin ATM.
15. Jangan sembarangan menghubungi nomor telepon yang mengatasnamakan pihak bank.
16. Simpan nomor telepon resmi dan alamat kantor bank Anda.[ito] Inilah.com

0 Komentar:

Poskan Komentar