Senin, 08 Februari 2010

Bermain Sambil Berbagi Lokasi dengan Foursquare

LONDON - Trafik ke situs Foursquare (kalo mau ke situsnya) melonjak tiga kali lipat dalam dua bulan terakhir. Aplikasi jejaring sosial untuk berbagi informasi mengenai lokasi ini nampaknya akan kian populer.
Foursquare memungkinkan penggunanya berkoneksi dengan teman atau kerabat. Selain itu, Foursquare menawarkan para penggunanya agar bisa saling berbagi lokasi. Layanan berbasis situs jejaring sosial ini menggunakan kemampuan GPS pada ponsel cerdas untuk menunjukkan dimana lokasi pengguna tengah berada.
Layanan berbasis lokasi ini menyatu dengan aplikasi lain seperti game. Pengguna akan saling berbagi lokasi dengan melakukan 'check in' di kedai kopi, restoran, stasiun kereta api atau gedung apa pun yang mereka kunjungi. Mereka kemudian berlomba mendapatkan hadiah berupa lencana yang kemudian dikumpulkan hingga banyak sampai akhirnya si pengguna menjadi 'mayor' di sebuah tempat.
Sambil bermain, pengguna bisa mengetahui siapa saja teman-teman yang tengah berada paling dekat dengan tempatnya berada. Mereka bisa berbagi informasi dan mendapatkan rekomendasi mengenai tempat atau hal-hal apa saja yang mungkin akan menarik untuk dikunjungi. Informasi ini pun kemudian bisa dibagi ke Twitter dan Facebook.
Menurut survei dari Hitwise, untuk wilayah AS trafik Foursquare meningkat 50 persen antara Desember dan Januari, dan naik 200 persen secara keseluruhan sejak November. Para pengakses Foursquare umumnya datang dari Google, Twitter sebesar 21 persen dan Facebook dengan kontribusi sebesar 19 persen.
Pendiri Foursquare Dennis Crowley menyebutkan layanan ini tengah menikmati peningkatan jumlah pengguna yang terus meningkat.
"Pertumbuhan jumlah pemakai aplikasi ini terus bertambah," kata Crowley dengan bangga seperti dikutip dari
Telegraph, Minggu (7/2/2010).
Foursquare yang diluncurkan Maret silam diperkirakan telah memiliki sekira 350.000 pengguna terdaftar. Awalnya, layanan ini hanya tersedia di 100 kota di dunia diantaranya termasuk Amsterdam, London, New York dan Seoul. Namun sekarang, pengguna bisa 'check in' di lokasi mana saja di seluruh dunia.
Aplikasi Foursquare ini tersedia bagi iPhone, handset berbasis Android Google, Pre serta Blackberry. (rah)
OKEZONE.COM

0 Komentar:

Poskan Komentar