Jumat, 26 Februari 2010

Nokia-Samsung Jawara Ponsel Dunia


Jakarta - Penjualan ponsel dunia bergejolak selama setahun terakhir. Nokia dengan Symbiannya masih mendapat hasil tertinggi di pasar ponsel pintar seluruh dunia.
Gartner telah mengeluarkan laporan tahunannya terhadap penjualan ponsel di seluruh dunia dan hasil kali ini tidak mengejutkan. Nokia tetap melanjutkan kepemimpinannya dalam jumlah ponsel yang dikapalkan.
Dalam sektor ponsel pintar Nokia dan Symbian juga tetap meraih keuntungan yang nyaman. Tetapi semua kemenangan tersebut tidak terlalu menggembirakan bagi Nokia dan Symbian, karena kedua entitas tersebut kehilangan pangsa pasarnya beberapa persen.
Dalam penjualan ponsel mobile di seluruh dunia, Nokia memimpin dengan jumlah pangsa pasar sebesar 36%. Jumlah tersebut menurun 2% dari tahun 2008.
Di posisi kedua ada Samsung dengan penguasaan 19% pangsa pasar. Samsung meningkatkan pangsanya sebesar 3%. LG juga membukukan kenaikan 2% dan menyusul di tempat ketiga.
Pihak yang menjadi pecundang adalah Motorola dan Sony Ericsson yang penjualannnya menurun dengan sangat cepat, begitu juga pangsa pasarnya.
Motorola sebagai contoh yang memiliki pangsa pasar 8,7% di tahun 2008 lalu jatuh menjadi 4,8% pada tahun 2009. Sony Ericsson juga drop dari 7,6% menjadi 4,5% selama periode yang sama.
Menurut Carolina Milanesi, direktur riset di Gartner menyebut penjualan ponsel pintar pada pengguna akhir berlanjut dengan pertumbuhan yang kuat di kuartal keempat 2009, dengan total 53,8 juta unit, meningkat 41,1% dari periode yang sama di 2008.
Pada tahun 2009, penjualan ponsel pintar mencapai 172,4 juta unit, sebuah peningkatan 23,8% dari 2008.
Pada tahun 2009 juga, vendor yang fokus pada ponsel pintar seperti Apple dan Research In Motion (RIM) sukses menangkap pangsa pasar lebih dari produsen perangkat lainnya, dengan penguasaan 14,4% dan 19,9% pasar ponsel pintar di seluruh dunia.
Sedangkan untuk pasar sistem operasi ponsel pintar, Symbian melanjutkan kepemimpinannya, tetapi pangsa pasarnya jatuh 5,4% pada tahun 2009. Dengan Symbian menjadi open source dan pengumuman Symbian 3 di akhir kuartal pertama 2010, ada sedikit waktu bagi Symbian untuk mendapatkan pasar.
Namun performa terbaik segmen ponsel pintar di tahun 2009 tidak diragukan lagi adalah Android dan Apple.
Android meningkatkan pangsa pasarnya sebesar 3,5% di 2009, sementara Apple berbagi pertumbuhan dengan angka 6,2% bila dibandingkan dengan 2008, yang membantu Apple bergerak ke posisi ketiga dan menggantikan Microsoft Windows Mobile.
Microsoft telah berusaha mencakar kembali dengan seri Windows Phone 7 beberapa hari lalu.[ito] INILAH.COM

0 Komentar:

Poskan Komentar